Charles, antara Diana dan Camila

2084
ZACKY ANTONY

CATATAN ZACKY ANTONY

ANDAI KATA Putri Diana masih hidup, entah bagaimana perasaannya menyaksikan penobatan sang mantan suami, Pangeran Charles menjadi Raja Inggris hari ini 6 Mei 2023.

Charles yang lahir 14 November 1948 naik tahta menjadi kepala Negara monarki tertua di dunia itu menggantikan sang ibu Ratu Elizabet II yang wafat 8 September tahun lalu. Pangeran Charles sejatinya sudah diproklamirkan menjadi raja dua hari setelah kematian sang ibu. Namun secara tradisi kerajaan Inggris, ada acara penobatan raja baru.

Sorotan bukan cuma tertuju pada Charles, tapi juga pada sosok Camilla sang permaisuri. Posisi yang sebetulnya menjadi kursi Diana andai mereka tak berpisah tahun 1996.

Chales dan Diana menikah 29 Juli 1981. Itulah pernikahan yang dinobatkan sebagai wedding of the century atau pernikahan termegah abad XX. Menelan biaya sekitar Rp 2,2 triliun.

Diana masih perawan ketika dinikahi Charles. Usianya baru 20 tahun. Sedangkan Charles sudah sangat dewasa. Usianya 32 tahun ketika menikahi Diana. Charles adalah cinta sejati Diana.

Pernikahan Charles dan Diana mencatat sejumlah rekor. Acara pernikahan mereka menelan biaya Rp 2,2 triliun dan ditonton 750 juta orang di 75 negara di dunia.

Di atas kereta kuda, keduanya tampak sangat bahagia. Keserasaian pasangan ini banyak menuai pujian. Yang satu tampan dan seorang pangeran. Yang satunya lagi cantik jelita. Diana sering dilukiskan memiliki kecantikan luar dan dalam.

Pernikahan mereka bak cerita di negeri dongeng. Itulah pertama kali dalam 300 tahun, seorang wanita biasa dipersunting seorang pangeran pewaris tahta kerajaan. Kisah seperti ini biasanya hanya terdapat dalam dongeng-dongeng menjelang tidur.

“Itu adalah perasaan yang paling membahagiakan dan menakjubkan,” kenang Diana dalam sebuah wawancara tahun 1991 kepada penulis biografi Andrew Morton saat mengingat hari-hari pernikahannya dengan Pangeran Charles.

Kebahagiaan terasa semakin lengkap. Pada 21 Juni 1982, lahir putra pertama mereka, Pangeran Williams yang sekarang menjadi pewaris tahta berikutnya raja Inggris.

Dua tahun kemudian lahir sang adik, Pangeran Harry. Konon Charles sempat kecewa dengan kelahiran Harry karena berambut pirang. Charles ingin anaknya berambut hitam.

Entah ada hubungannya dengan kekecewaan itu atau tidak, setelah dewasa Pangeran Harry benar-benar keluar dari keluarga Kerajaan. Dia menetap di Amerika bersama istrinya Meghan Merkle.

Putra bungsu Charles ini dikabarkan tidak hadir bersama istrinya dalam acara penobatan Raja Charles hari ini. Harry dan Merkle dibaluti banyak kontroversi setelah meninggalkan kerajaan. Testimony keduanya banyak menyerang kerajaan. Hubungan Merkle dan kakak ipar Kate Middleton juga tidak akur.

Selingkuh Dibalas Selingkuh

Tapi manis madu rumah tangga Charles – Diana hanya bertahan 15 tahun. Pada tahun 1992, hubungan keduanya semakin merenggang akibat serangkaian perselingkuhan Charles dan Camilla.

Puncaknya Charles dan Diana resmi bercerai pada 28 Agustus 1996. Sebuah perceraian yang disayangkan jutaan orang. Ratu Elizabeth II sangat sedih dengan perceraian putranya itu. Tahun berikutnya, 31 Agustus 1997, Diana meninggal dalam sebuah kecelakaan di Paris.

Camilla Parker Bowles adalah orang ketiga di balik perceraian itu. Kekasih lama Charles ini terus saja menjalin hubungan meski Charles telah beristri. Rumah tangga Diana ternyata tak seindah kisah di negeri dongeng.

Tak disangkal lagi, keberadaan Camilla menjadi orang ketiga di balik keretakan pernikahan Putri Diana dan Pangeran Charles. Setelah Diana tiada, Charles benar-benar mempersunting Camilla sebagai istri dan hari ini, 6 Mei 2023, resmi menjadi permaisuri.

Sebagai seorang istri, Diana mencoba bertahan dengan ujian rumah tangga. Tapi kesabaran seorang wanita ternyata ada batasnya.

Pada tahun 1990, kesabaran Diana sudah habis. Dia sudah menyerah. Ceritanya, Charles mengalami kecelakaan saat pertandingan Polo. Tapi Charles melarang Diana untuk menjenguknya di rumah sakit. Sebaliknya, Charles membolehkan Camilla datang.

Sejak itu, Camilla mutlak merebut kembali hati Charles. Mereka menjalin cinta terlarang. Kencan-kencan rahasia semakin sering terjadi. Charles seperti menemukan kebahagiaannya berada dalam pelukan Camilla.

Konon Camilla pulalah yang merebut keperjakaan Charles. Meski postur dan tubuh tidak semenarik Diana, usia juga lebih tua setahun dari Charles, namun Camilla punya daya tarik seksual yang mampu membuat Charles luluh.

Saat Charles makin terlena dalam pelukan Camilla, di sudut lain, Diana semakin jauh. Hari-hari dilaluinya penuh derita batin. Diana semakin sering menangis. Dia kehilangan pegangan. Istri mana tidak stress manakala mengetahui sang suami lebih mencintai wanita lain.

Dalam posisi psikologis yang labil, Diana akhirnya juga berselingkuh dengan pelatih berkudanya, James Hewitt. Dalam sebuah wawancara dengan BBC, Diana mengakui berselingkuh karena sakit hati dengan perselingkuhan Charles dengan Camilla.

Pengakuan Diana dalam acara BBC tersebut kabarnya ditonton 15 juta orang. Itulah salah satu acara BBC paling ditonton sepanjang sejarah stasiun televisi tersebut.

Sejak itu Diana sudah merasa tidak akan pernah menjadi permaisuri kerajaan Inggris. Firasat Diana benar. Kursi permaisuri itu akhirnya benar-benar jatuh untuk Camilla. Tapi tidak akan ada lagi yang sakit hati, karena kini Diana telah tiada.

Penulis adalah Ketua Dewan Kehormatan PWI Provinsi Bengkulu

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini