Kursi Panas Pj Bupati Mamasa 2023-2025

1967
Infrastruktur jalan adalah salah satu agenda terberat bagi Pj Bupati Mamasa nantinya. (Foto: Net.)

TRANSTIPO.com, Mamasa – Masa jabatan Bupati Mamasa Ramlan Badawi dan Wakil Bupati Mamasa Martinus Tiranda akan berakhir pada 19 September 2023.

Berdasarkan Permendagri Nomor 4 Tahun 2023 tentang penjabat kepala daerah, DPRD Kabupaten Mamasa memiliki wewenang mengusulkan tiga nama bakal calon Penjabat Bupati Mamasa.

Dikonfirmasi Minggu sore, 23 Juli, Wakil Ketua DPRD Mamasa Juan Gayang Pontiku menyebutkan pihak DPRD Mamasa telah ‘mengantongi’ tiga nama balon Penjabat (Pj) Bupati Mamasa.

Ketiga nama dimaksud Juan yakni Kombes Pol Andarias, M. Sukur, dan Yacub Solon.

Tiga nama itu, kata Juan, muncul dari aspirasi masyarakat. “Bulan lalu ada penyampaian aspirasi ke dewan,” sebut Juan.

Selain itu, kata Juan, ada usulan masyarakat melaui surat. “Ada juga sharing beberapa tokoh masyarakat.”

Ketiga nama bakal calon Pj Bupati Mamasa yang akan diusulkan oleh DPRD Mamasa, bisa berubah karena belum menjadi keputusan dewan.

Hingga kini pihak DPRD Kabupaten Mamasa belum pernah mengadakan rapat bersama terkait penentuan dan finalisasi nama yang akan diusulkan ke Gubernur Sulawesi Barat (Sulbar).

Sementara, Pj Gubernur Sulbar Prof. Dr. Zudan A.F. mengaku belum menerima usulan dari DPRD Mamasa. Dikonfirmasi Minggu sore, 23 Juli, terkait tiga nama balon Pj Bupati Mamasa yang jadi usulan Gubernur Sulbar, pihaknya belum menjawab pertanyaan laman ini.

Meski nama Sukur dan Yacub Solon santer disebut-sebut bakal jadi penerus Ramlan Badawi di Kabupaten Mamasa, kepastian nama pemimpin baru Mamasa bisa saja berubah.

Tiga nama yang akan diusulkan oleh pimpinan DPRD Mamasa ditambah tiga nama yang akan diusulkan oleh Gubernur Sulbar, termasuk tiga nama yang menjadi domain Kemendagri, menjadi tanda tanya besar siapa dari sembilan nama tersebut keluar tiga nama di tangan Presiden Joko Widodo.

Masyarakat Kabupaten Mamasa tentu sudah tak sabar ingin mengetahui calon pemimpinnya tersebut.

Bisa jadi pemimpin baru Kabupaten Mamasa selama hampir dua tahun lamanya tersebut, atau sampai menunggu hasil Pilkada serentak pada November tahun 2024, adalah orang yang sama sekali baru bagi publik Mamasa.

Di tengah tahun politik hingga waktu Pemilu 2024, jabatan Pj Bupati Mamasa dalam kurun waktu 2023 s.d. awal tahun 2025 menjadi ‘kursi panas’.

SARMAN SAHUDING

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini