Peserta HPN dari PWI Sulbar Disambut Pengalungan Kain Ulos di Sumut

1022
Sekretaris PWI Sulawesi Barat Sarman Sahuding mendapat pengalungan kain Ulos oleh Sekretaris Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Sumatera Utara Suharyadi di Bandara Internasional Kualanamu Deli Serdang, Sumatera Utara pada Selasa 7 Februari 2023. Utusan PWI Sulawesi Barat lainnya, Arham Bustaman (kiri). (Foto: Istimewa)

TRANSTIPO.com, Medan – Sebuah kertas ukuran folio berbingkai karton pas ukuran dada dewasa dipegang oleh Tamabal, seorang staf Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumatera Utara (Sumut).

Pemuda Tamabal dengan seragam ASN tak sendiri. Di sampingnya berdiri Suharyadi, Sekretaris DKP Pemprov Sumut.

Tamabal dan Suharyadi telah menunggu kedatangan peserta Hari Pers Nasional (HPN) 2023 utusan Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Provinsi Sulawesi Barat (Sulbar).

Tepat pukul 13.30 WITA, para penumpang pesawat Citilink dengan nomor penerbangan QG 0916 turun dari pesawat dan tepat di ruang tunggu kedatangan, Suharyadi dan Tamabal telah menunggu.

Kami dari PWI Sulbar yakni Sarman Sahuding (Sekretaris PWI Sulbar), Arham Bustaman (Wartawan senior dari Kabupaten Pasangkayu), dan Muhammad Iksan Hidayah (Anggota PWI Sulbar yang juga direktur mediaekspres.id) mendapat sambutan hangat dari wakil Pemprov Sumut tersebut.

Foto bersama usai acara penyambutan peserta HPN Medan 2023 di Bandara Internasional Kualanamu (KNO) Deli Serdang, Sumatera Utara pada Selasa 7 Februari 2023. (Foto: Istimewa)

Setelah disuguhkan minuman pendingin yang segar, kami dipersilakan naik ke panggung khusus penerimaan peserta HPN 2023 dari seluruh provinsi di Indonesia.

“Kami dari Dinas DKP Sumut mendapat tugas dari Gubernur Sumut dan Panitia Pusat HPN Medan menyambut rombongan dari PWI Sulbar,” kata Suharyadi di Bandara Internasional Kualanamu (KNO) Kabupaten Deli Serdang, Sumut pada Selasa siang, 7 Februari 2023.

Seremonial penyambutan kami dilakukan dengan pengalungan kain Ulos. Kain Ulos adalah kain tenun khas masyarakat Suku Batak. Ulos ini merupakan tanda sayang yang diberikan kepada orang-orang terkasih.

Dengan pengalungan khas Ulos tersebut, kami dari PWI Sulbar merasa terharu dan bangga mendapat sambutan istimewa dari tuan rumah pelaksana HPN 2023 Medan, Sumut.

Pembutan selanjutnya — dengan pengalungan khas Ulos pula — dari pimpinan PWI Kabupaten Deli Serdang, Sumut.

Setelah rangkaian acara singkat penyambutan di bandara tersebut, Suharyadi kemudian meminta kepada pemuda Kardi untuk mengantar kami ke tempat inap yakni di hotel Grand Mercure Medaa Ankasa di Kota Medan, Sumut.

Tepar pukul 15.00 WITA di ruang loby hitel bintang lima itu, Suharyadi telah menyiapkan acara tambahan dengan penyambutan berikut disertai penyerahan souvenir khas Sumatera Utara (Sumut) dan pernik-pernik HPN Medan berupa tas, kaos, topi dan buku serta bahan bacaan lainnya.

Selanjutnya, seorang bernama Selviana Marpaung (19 tahun) yang bertugas selaku Liaison Officer (LO) PWI Sulawesi Barat — naradamping selama mengikuti HPN di Medan — sibuk mengurus administrasi dan pendaftaran kepesertaan kami kepada panitia HPN pusat.

Pada petang kemarin itu, Suharyadi dan tim segera kembali ke bandara KNO untuk menjemput satu orang lagi wakil PWI Sulbar, Andika, yang tiba di Deli Serdang dengan penerbangan sore.

Penyerahan souvenir kepada utusan PWI Sulawesi Barat di hotel Grand Mercure Medan Angkasa, Selasa sore 7 Februari 2023. (Foto: Selviana Marpaung)

Kehadiran Andika menggenapkan empat orang wakil PWI Sulbar di ajang HPN Medan. Kami mendapatkan dua kamar di hotel berbintang tersebut.

“Kami juga mendaoat tugas dari pak gubernur untuk menjemput Gubernur Sulbar. Ini saya perlu kepastian keberangkatan atau penerbangan beliau,” ujar Suharyadi sebelum pamitan.

Ia juga menyebut, khusus gubernur se-Indonesia, semua menginap di Hotel Santika Medan. “Hotel ini juga bintang lima, pak,” sebut Suharyadi.

180 kamar di Hotel Grand Mercure Medan Angkasa telah penuh dan semua kamar itu khusus untuk wartawan atau peserta HPN Medan 2023.

SARMAN SAHUDING

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini