Wakil Bupati Mamasa Marthinus Tiranda saat melayani wawancara sejumlah awak media, Rabu, 31 Juli 2019. (Foto: Frendy)

TRANSTIPO.com, Mamasa – Merespon sejumlah obyek wisata yang berada di Desa Tondok Bakaru, Kabupaten Mamasa, Sulawesi Barat yang belangan ini menjadi viral di media sosial serta pemberitaan sejumlah media, akhirnya direspon positif oleh Wakil Bupati Mamasa Martinus Tiranda.

Menurutnya, Desa Tondok Bakaru akan segera didorong pemerintah daerah menjadi salah satu desa sadar wisata di Kabupaten Mamasa.

“Terkait dengan Desa Tondok Bakaru, saya sudah bicara dengan sejumlah pemuda yang menjadi penggiat wisata di desa tersebut dan mereka ingin desanya didorong menjadi desa sadar wisata. Saya kira itu bagus, namun kita akan tinjau terlebih dahulu,” kata Marhtinus Tiranda saat ditemui sejumlah awak media, Rabu siang, 31 Juli 2019.

Lanjut ia menuturkan pihaknya sangat tertarik dengan sejumlah objek wisata yang sudah mulai digali oleh sejumlah pemuda desa, sehingga sebagai respon pemerintah, akan segera memberi jaminan terkait pengelolaan obyek wisata secara legal.

“Jika sudah menjadi desa sadar wisata tentu pemerintah daerah akan melihat apa yang dibutuhkan untuk pengelolaan wisata di desa tersebut sehingga akan difasilitasi, karena yang kita butuhkan saat ini adalah invoasi dari masyarakat yang mampu mengolah potensi-potensi yang ada guna meningkatkan perekonomian masyarakat di desa,” tuturnya.

Untuk diketahui sejak beberapa bulan lalu sejumlah pemuda di Desa Tondok Bakaru berhasil mendirikan sejumlah obyek wisata. Saat setidaknya sudah beridiri 6 obyek, yakni Obyek Wisata Sawo, Wisata Tonbar Orchid, Wisata Andra, Villa Edelweys, Wisata Hutan Pinus, dan Objek Wisata Bukit Bunga, dari ke-6 obyek wisata semuanya berada dalam satu kawasan di desa itu yang dikelola oleh sejumlah pemuda desa.

FRENDY

TINGGALKAN KOMENTAR