Ki-Ka: Wakil Bupati Mateng HM. Amin Jasa, Bupati Mateng H. Aras Tammauni, Ketua DPRD Sulawesi Barat Hj. Amalia Fitri Aras, dan Wakil Ketua DPRD Mateng H. Arsal Aras. (Foto: Humas Pemkab Mateng)

TRANSTIPO.com, Topoyo – Bupati Mamuju Tengah H. Aras Tammauni menyerahkan secara simbolis bantuan rumah produksi kepada kelompok industri kecil menengah (IKM) pada peresmian rumah industri di Kabubu, Mamuju Tengah (Mateng) pada Senin, 14 Januari 2019.

Dalam acara ini turut dihadiri dua anak H. Aras Tammauni, yakni H. Arsal Aras (Ketua DPRD Mateng) dan Hj. Amalia Fitri Aras (Ketua DPRD Sulawesi Barat). Tampak hadir pula Wakil Bupati Mateng HM. Amin Jasa, Sekretaris Kabupaten Mateng H. Askary Anwar, sejumlah kepala OPD lingkup Pemkab Mateng, Camat Topoyo, Camat Tobadak, dan Camat Budong-budong.

Dalam sambutan, Bupati Mateng H. Aras Tammauni mengatakan saya menyambut baik pelaksanaan bantuan ini sebagai upaya stimulan memajukan Industri Kecil Menengah (IKM) yang belum berkembang atau belum mampu berkembang.

Bupati Aras berharap, IKM dapat berkembang dalam hal proses produksi dan kualitas barang yang dihasilkan, sehingga dapat menembus pasar yang lebih luas dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat serta perekonomian daerah.

Pentingnya pengembangan IKM ini, dengan melihat potensi-potensi yang ada di Kabupaten Mateng meningkat dari tahun ke tahun, tren konsumerisme produk-produk lokal semakin maju dan industri-industri kecil menengah tumbuh prospek sebagai pangsa pasar yang dapat memacu peningkatan laju perekonomian secara progresif, berangsur-angsur meningkat.

Lanjutnya, pemerintah tidak ingin melihat masyarakatnya menderita, pemerintah ingin mensejahterakan masyarakat, makanya pemerintah menguucurkan dana yang begitu besar ke desa yang mencapai Rp1 miliar per tahun, bahkan tahun akan ada penambahan dana desa dari pemerintah pusat.

Bupati Mateng H. Aras Tammauni. (Foto: Humas Pemkab Mateng)

“Saya meminta kepada para kepala desa agar mengelola dana desa dengan baik yang menyentuh langsung pembangunan dan peningkatan kesejahteraan masyarakat dan mampu meningkatkan perekonomian masyarakatnya,” harap Aras Tammauni.

Ia juga berpesan, bantuan yang diserahkan oleh pemerintah pada hari ini agar dikelola dengan baik, dirawat sehingga masyarakat dapat merasakan manfaatnya.

Untuk itu, ujarnya, kapada kelompok IKM penerima bantuan dapat memanfaatkan bantuan yang telah diterima secara bersama-sama dengan anggota kelompoknya dan dapat dipergunakan dengan sebaik-baiknya untuk kemajuan kelompoknya.

Bupati menambahkan, jika kita saling bekerja sama dengan baik antara pemerintah dan masyarakat, masyarakat dengan pemerintah, insya Allah apa yang menjadi tujuan dan cita-cita kita dapat tercapai.

Sementara itu, Kepala Dinas Perdagangan dan Perinduatrian Mateng Colleng Sulaiman mengatakan, di Kabupatewn Mateng data jumlah industri sampai saat ini sebanyak 698 usaha industri dan mampu menyerap 1.492 tenaga kerja.

“Alhamdulillah sudah melebihi dari target yang telah direncanakan yaitu sebanyak 470 industri di tahun 2018 dan tidak menutup kemungkinan jumlah ini akan terus bertambah mengingat daerah Mateng merupakan daerah potensial sebagai lahan tumbuhnya usaha industri, baik dari sektor pertanian dan perikanan.

YASIN/RULI SYAMSIL

1 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR