Kepala BPS Sulawesi Barat Ir Win Rizal sedang menyampaikan sambutan dalam acara pembukaan Workshop Wartawan di Grand Maleo Hotel Convention Mamuju, Senin, 9 Desember 2019. (Foto: Wahyuandi)

TRANSTIPO.com, Mamuju – Badan Pusat Statistik (BPS) Sulawesi Barat (Sulbar) menggelar Workshop Wartawan: Memahami Indikator Statistik Sulbar 2019, dilaksanakan di Grand Maleo Hotel Convention Mamuju, Senin, 9 Desember 2019.

Kegiatan ini untuk meningkatkan pemahaman mengenai statistik dan sensus penduduk tahun 2020 kepada para wartawan. Sedikitnya 35 wartawan yang hadir pada kegiatan tersebut baik dari media cetak, online maupun elektronik.

Kepala BPS Sulawesi Barat Ir Win Rizal dalam sambutannya menyampaikan, kegiatan ini sangat penting agar para wartawan dapat memahami beberapa indikator statistik khususnya yang ada di wilayah Sulbar ini. Ia menyampaikan andil wartawan dalam penyebaran informasi kepada masyarakat sangat dibutuhkan.

Dikatakannya, berdasarkan Undang-Undang Nomor 16 tahun 1997 tentang Statistik, terdapat tiga jenis statistik menurut pemanfaatannya di antaranya, Statistik Dasar, Statistik Sektoral, dan Statistik Khusus.

Dijelaskan Win Rizal, BPS berperan penting dalam menyediakan kebutuhan data bagi pemerintah dan masyarakat, yang didapat dari sensus yang dilakukan sendiri, dan juga dari departemen atau lembaga pemerintahan lainnya sebagai data sekunder.

“Namun juga sangat dibutuhkan kerjasama dari para wartawan untuk membantu menyebarluaskan lagi informasinya,” kata Win Rizal.

Selain itu, kata Win Rizal, workshop wartawan ini juga merupakan satu langkah untuk menyatukan persepsi terhadap indikator-indikator statistik yang ada.

“Kita berharap ke depan agar BPS dapat berkolaborasi dengan dirjen beserta partisipasi aktif dari masyarakat,” tandasnya.

Untuk diketahui, Workshop Wartawan oleh BPS Sulawesi Barat baru saja dibuka, pagi tadi. Kegiatan ini akan berlangsung hingga sore nanti.

WAHYUANDI

TINGGALKAN KOMENTAR