Foto Bersama Peserta UKJ AJI beberapa bulan lalu di Makassar. (Foto:Ist)

TRANSTIPO.com, Majene – Sebanyak 26 jurnalis anggota Aliansi Jurnalis Independen (AJI) di Sulawesi akan menjalani Uji Kompetensi Jurnalis (UKJ) di Wisma Yumari, Kabupaten Majene, Sulawesi Barat (Sulbar), Jumat besok, 2 Februari 2018.

UKJ yang digelar AJI Kota Mandar bekerja sama dengan AJI Indonesia akan diikuti  sejumlah anggota AJI Kota Mandar (Sulawesi Barat), AJI Kota Manado (Sulawesi Utara), AJI Kota Makassar (Sulawesi Selatan), dan AJI Kota Palu (Sulawesi Tengah).

“Selama dua hari, mulai Jumat dan Sabtu puluhan jurnalis akan diuji oleh penguji dari AJI Indonesia. Ini sejarah bagi kami, AJI Kota Mandar untuk pertama kalinya gelar UKJ sebagai program kerja kami,” kata Ketua AJI Kota Mandar, Muhammad Ridwan Alimuddin, Kamis, 1 Februari 2018.

Puluhan peserta UKJ tersebut akan diuji sesuai jenjang masing-masing. Mulai dari jenjang muda, madya hingga jenjang utama. UKJ sendiri dilakukan untuk memperdalam kompetensi jurnalis demi meningkatkan profesionalime jurnalis dalam bekerja.

Berdasarkan Garis Besar Haluan Program (GBHP) hasil Kongres ke X AJI Indonesia di Solo Jawa Tengah, organisasi konstituen Dewan Pers ini berkomitmen meningkatkan profesionalisme jurnalis.

“Upaya tersebut dilakukan dalam rangka meningkatan kapasitas jurnalis di era digital dan memperkuat independensi jurnalis. AJI Indonesia juga berkomitmen meningkatkan standar etika dan perilaku jurnalis, meningkatkan kualitas dan kuantitas pendidikan jurnalistik serta meningkatkan pemahaman jurnalis terhadap isu tematik dan aktual,” tutup Ridwan Alimuddin, Ketua AJI Mandar melalui siaran pers yang diperoleh transtipo.com.

FRENDY CHRISTIAN

TINGGALKAN KOMENTAR