Konfrensi pers di kantor BPS Sulbar, Senin kemarin 5 Februari 2018. (foto : Risman Saputra)

TRANSTIPO.com, Mamuju – Badan Pusat Statistik (BPS) Sulawesi Barat merilis pertumbuhan ekonomi Sulawesi Barat (Sulbar) tahun 2017 yang mencapai 6,67 persen. Hal ini disampaikan M. La’bi kepala Bidang Nerwilis saat menggelar konfrensi pers di kantor BPS Sulbar, Senin kemarin 5 Februari 2018.

La’bi mengatakan perekonomian Sulawesi Barat tahun 2017 berdasarkan Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) sesuai harga yang berlaku mencapai 39,63 triliun Rupiah.

Ia menjelaskan, dibandingkan pertumbuhan ekonomi Sulawesi Barat di triwulan ke IV dan triwulan ke III (q to q) pada tahun yang sama, maka ekonomi Sulbar tumbuh sebesar 5, 10 persen. Sedangkan bila dibandingak dari tahun ke tahun (y on y) dari triwulan yang sama(triwulan ke IV) maka ekonomi sulbar tumbuh 6,67 persen.

“Dilihat dari triwulan ke IV dan triwulan sebelumnya maka ekonomi Sulbar tumbuh sebesar 5,10 persen sedangkan jika dibandingkan triwulan ke IV dari tahun yang berbeda maka ekonomi sulbar tumbuh sebesar 6,63 persen”, jelasnya.

Selain itu, Ia juga mengatakan, jika dilihat dari skala regional di kawasan Sulawesi Maluku Papua, maka pertumbuhan ekonomi tertinggi  untuk tahun 2017 terdapat di Maluku Utara yakni 7,67 persen dan Sulbar berada di posisi ke enan dengan angka pertumbuhan 6,67 persen.

ARISMAN SAPUTRA

TINGGALKAN KOMENTAR