Besok, Komisioner KPU RI Akan Resmikan Boyang Pintar Pemilu

1479

Beberapa jam lalu, laman ini mengonfirmasi beberapa hal kepada Usman Suhuriah, Ketua KPU Sulbar.

Berikut ini tersaji isi perbincangan itu.

TRANSTIPO.com, Mamuju – KPU Provinsi Sulbar segera akan memiliki rumah pintar pemilu (RPP). RPP kemudian berganti nama menjadi Boyang Pintar Pemilu (BPP) agar lebih melokal. Pembangunannya telah rampung, dan siap untuk diresmikan Sabtu besok, 5 Agustus 2017.

Hal itu disampaikan oleh Usman Suhuriah kepada laman ini.

BPP ini, jelas Usman, dibangun dalam areal perkantoran KPU Sulbar, dengan memanfaatkan gedung lama yang sudah tidak digunakan.

“Salah satu tujuan pendirian Boyang Pintar Pemilu KPU Sulbar ini adalah, agar terdapat sarana belajar mengenai pemilu khususnya bagi masyarakat Sulbar. Dari tempat ini kita harapkan menjadi pusat informasi dan pendidikan pemilih di Provinsi Sulbar,” jelas mantan Ketua KPU Polman ini.

Selain itu, masih uraian Usman, BPP itu juga diharapkan sebagai sarana alternatif ketika warga Sulbar ingin memperoleh informasi menyangkut pemilu. Di tempat ini terdapat ruang audio visual, simulasi, display dan ruang forum grup diskusi.

“Lewat ruangan-ruangan ini bisa dilihat sejumlah materi pemilu secara komprehensif. Dasar-dasar Sejarah Pemilu dapat ditemukan di sini. Bukan hanya yang terkait dengan sejarah pemilu di negara kita, tapi juga sejarah pemilu di negara lain,” jelas Usman lagi.

Usman berharap, dengan keberadaan Boyang Pintar Pemilu ini dapat dimanfaatkan oleh masyarakat Sulbar, terutama untuk pemilih pemula.

Intelektual muda ini menambahkan, “Upaya yang akan dilakukan dengan keberadaan BPP ini, pertama-tama tentu akan lebih banyak dilakukan sosialisasi sebagai upaya mengenalkan keberadaan BPP kepada masyarakat. Selain dengan cara itu, pihak pengelola BPP nantinya akan banyak mendatangi kampus atau sekolah untuk upaya kerjasama, agar mahasiswa atau pelajar bisa mendatangi BPP.

Terkait dengan sumberdaya pendukung yang akan bertugas sebagai pelayan di BPP, Usman bilang, “Nanti juga akan dilakukan orientasi agar lebih terampil dalam memberi jasa layanan kepada para pengunjung.”

“Kita harapkan para staf yang diorientasi dapat bekerja sebagai tutor atau sebagai pemandu. Terkait dengan peresmian BPP ini, maka esok hari (Sabtu, red) kita akan resmikan. Dan peresmiannya akan dilakukan langsung oleh Komisioner KPU RI bapak Wahyu Setiawan. Beliau sudah memastikan untuk hadir di Sulbar,” begitu penjelasan Usman.

Ketua KPU Sulbar ini tutup perbincangan dengan penjelasan, “Selain kegiatan peresmian, pak Wahyu juga akan memberi pengayaan dalam kegiatan pelatihan pengembangan komunitas peduli pemilu di Sulbar. Kegiatan pelatihan ini akan berakhir pada Minggu, 6 Agustus 2017.”

SARMAN SHD

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini