Bripda Yusran, polisi penggiat literasi di Mamasa. (Foto: Ist.)

TRANSTIPO.com, Mamasa – Salah satu anggota Bhabinkamtibmas Polsek Tabulahan, Polres Mamasa ini aktif menjadi salah satu penggiat literasi di wilayah kerjanya di Kecamatan Tabulahan, Kabupaten Mamasa, Sulawesi Barat, akhirnya mendapat penghargaan dari Polda Sulawesi Barat, Sabtu, 17 Agustus 2019.

Penghargaan diberikan kepada Bripda Yusran tepat pada HUT Kemerdekaan RI  ke-74 atas usaha dan kerja kerasanya sebagai salah satu penggiat literasi. Ia kerap mendatangi sejumlah sekolah di daerah terpencil di wilayah kerjanya untuk memberikan bacaan gratis kepada sejumlah siswa-siswi.

Sosok polisi ini selain bekerja sebagai Bhabinkamtibmas, ia juga dikenal sebagai salah satu yang aktif mendorong peningkatan minat baca bagi anak-anak di Kecamatan Tabulahan.

“Di tempat saya tugas memang tidak ada jaringan, wilayah yang tergolong pelosok di Kabupaten Mamasa. Hal itu kemudian mendorong saya membuat pustaka keliling untuk memasuki sejumlah desa–desa memberikan bacaan gratis pada anak-anak. Dengan harapan minat baca anak-anak bisa meningkat untuk menambah pengetahuan mereka,” katanya saat ditemui pada Minggu, 18 Agustus 2019.

Bripda Yusran, saat menerima pengharggan dari Polda Sulbar Brigjen Pol Baharuddin Djafar. (Foto: Ist.)

Menurutnya, desa yang tidak terjangkau jaringan seperti wilayah tempat ia tugas sangat terbatas untuk mengakses bacaan–bacaan. Berbeda dengan daerah yang ada di perkotaan yang sudah maju begitu gampang mengakses sejumlah bacaan melalui internet, sehingga ia membuat perpustakaan keliling guna memberi bacaan gratis kepada anak–anak desa di wilayah tugasnya.

Yusran mengaku sangat bersyukur atas pengharggan yang diberikan pimpinanya sebagai salah satu polisi penggiat literasi.

“Tentu penghargaan yang saya terima akan menjadi motivasi saya untuk terus bergerak membangkitkan dan mendorong minat baca masyarakat untuk menambah pengetahuan mereka,” tuturnya.

FRENDY

TINGGALKAN KOMENTAR