Chef de Misssion (CdM) Tim Indonesia di Asian Games 2018, Komjen Pol Syafruddin (kedua kanan) saat mengecek pelatihan nasional atlet Asian Games di Jakabaring Sport City, Palembang, Sumatera Selatan, Minggu, 12 Agustus 2018. (Foto: Istimewa)

TRANSTIPO.com, PalembangChef de Misssion (CdM) Tim Indonesia di Asian Games 2018, Komjen Pol Syafruddin menyatakan, seluruh atlet tim Indonesia di 10 cabang olahraga yang akan bertanding di 12 venue yang ada di Palembang sudah dalam kondisi siap sepenuh jiwa dan raga.

“Enam hari menjelang pembukaan Asian Games 2018, sudah ada 6 cabang olahraga yang datang dan berlatih di Palembang,” ujarnya, usai mengecek satu per satu pelatihan nasional atlet Asian Games di Jakabaring Sport City, Palembang, Sumatera Selatan.

Sepanjang peninjauan di Jakabaring Sport City, Minggu, 12 Agustus, Syafruddin antara lain menemui para atlet dan pelatih cabang olahraga menembak, triathlon, bola voli pantai, dan dayung. Cabang olahraga terakhir, kebetulan para atlet dan pelatihnya sedang berada di tengah danau, sehingga hanya memantau dari kejauhan.

Alhamdulillah seratus persen atlet kita siap. Tadi ada keluhan soal transportasi. Saya pastikan, kedatangan saya untuk menyelesaikan ini semua. Transportasi akan diselesaikan oleh Kapolda. Setiap atlet akan latihan dikawal biar tidak kena macet,” ucapnya.

Adalah atlet triathlon Ketut Widya yang mengeluhkan soal fasilitas transportasi yang tidak mereka dapatkan. Alhasil, para atlet harus naik taksi online dari hotel ke tempat latihan di Jakabaring.

“Untuk berangkat latihan, kami naik taksi online Pak. Jadi mohon bisa dibantu,” kata Ketut yang datang bersama 10 temannya disertai seorang pelatih, demikian rilis dari media centre Tim Indonesia Asian Games 2018.

Mendapat keluhan itu, Syafruddin langsung memanggil Kapolda Sumatera Selatan, Irjen Pol Zulkarnain Adinegara yang kebetulan mendampingi selama peninjauan, untuk menyediakan transportasi dan pengawalan para atlet triathlon.

“Psikologi atlet harus dijaga, tidak boleh perjalanan dari hotel ke tempat latihan lebih dari 30 menit. Ini akan diselesaikan Kapolda,” kata Syafruddin menjawab keluhan Ketut dan kawan-kawan.

Selain meninjau latihan atlet, Syafruddin juga memastikan persiapan sarana, prasarana, dan personil keamanan di Palembang siap. Menurut data, Polri akan menerjukan 7400 personil untuk mengamankan jalannya pesta olahraga se Asia di Palembang. Jumlah itu belum termasuk cadangan yang disiapkan TNI dan Polri.

Selain itu, aparat keamanan juga melengkapi dengan 643 cctv yang dipasang di 97 lokasi dan 11 markas komando, untuk memantau situasi venue dan kota Palembang saat Asian Games berlangsung, 18 Agustus hingga 2 September 2018 nanti.

“Ya, sebagai Wakapolri, saya sekalian mengecek persiapan dan kesiapan pengamanan. Insya Allah, semua sudah matang,” ujar Syafruddin sebelum meninggalkan kompleks Jakabaring City.

SARMAN SHD

TINGGALKAN KOMENTAR