Fredi Akbar, Dosen Akper YPPP Wonomulyo, Polewali Mandar (berdiri). (Foto: Ist.)

“Saya mahasiswa Akper. Saya punya kegiatan di Tutar mau kumasukkan ke media online ta’ pak,” tulis Agung melalui layanan WhatsApp kemarin sore, Senin, 5 Maret 2018.

TRANSTIPO.com, Polewali – Menurut Ferdy Akbar, dosen Akper YPPP Wonomulyo, mengungkapkan, “Upaya yang dilakukan pemerintah khususnya Kementerian Kesehatan, diharapkan dapat menurunkan prevalensi masalah gizi di Indonesia. Di Provinsi Sulawesi Barat, berdasarkan data hasil pemantauan gizi (PSG) di tahun 2016 oleh Kemenkes, dengan mnggunakan indeks berat badan/umur, ditemukan sebesar 24.8 persen dari 5 kabupaten di Sulawesi Barat.”

Di Kabupaten Polewali Mandar, prevalensi gizi kurang pada balita berdasarkan BB/U adalah 22,7 persen. Angka tersebut adalah merupakan ambang batas masalah kesehatan masyarakat tingkat berat yakni di atas dari 20 persen.

Oleh sebab itu, Tim Dosen Keperawatan Anak AKPER YPPP Wonomulyo berkontribusi terhadap persoalan ini dengan melaksanakan kegiatan pengabdian masyarakat berupa pelatihan kader dan screening Stunting dan SDIDTK yang sasarannya adalah kader di Kecamatan Tutar, Polewali Mandar.

Sebanyak 50 Kader dari 9 desa dan 1 kelurahan dilatih selama 2 hari, yakni Sabtu–inggu, 3–4 Maret 2018.

Kecamatan Tutar adalah kecamatan yang jaraknya jauh dari kota kabupaten. Akses jalanan yang sangat sulit menjadikan alasan pihak panitia hanya mengundang 9  desa dan 1 kelurahan untuk diberi pelatihan.

Memilih kegiatan ini sebagai salah satu solusi untuk mengurangi prevalensi gizi buruk karena ujung tombak pemerintah dan petugas kesehatan adalah kader-kader yang tersebar di berbagai dusun sehingga kapasitas dan kemampuannya dalam melakukan pekerjaannya sebagai kader dapat maksimal.

Hadir sebagai Narasumber pelatihan:

Fredy Akbar K, S.Kep., Ns., M.Kep (Dosen Keperawatan Anak AKPER YPPP Wonomulyo), Sitti Rahmawati, SST (Pj. Kesehatan Anak Dinkes Polewali Mandar), Muhajirah, SST (Pj. Kesehatan Ibu Dinkes Polewali Mandar).

Kegiatan ini sukses terlaksana dengan dukungan Pemerintah Kecamatan Tutar dan Ketua KNPI Kecamatan Tutar yang juga hadir memberikan motivasi kader untuk bekerja dengan hati.

“Kader adalah tumpuan masyarakat Tutar di dalam upaya peningkatan derajat kesehatan. Semoga kegiatan ini bermanfaat untuk semua,” kata Jihad, Ketua KNPI Kecamatan Tutar. Rilis

AGUNG Kontributor

TINGGALKAN KOMENTAR