Foto Net.

RANSTIPO.com, Pasangkayu – Seorang lelaki inisial AMI (43) warga Kecamatan Pasangkayu, Kabupaten Pasangkayu, Sulawesi Barat (Sulbar) dinyatakan positif terjangkit Covid – 19, setelah menjalani perawatan di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Regional Mamuju, Sulbar.

Sebelumnya, AMI merupakan salah satu Pasien Dalam Pengawasan (PDP) yang dirujuk ke RSUD Regional Mamuju, sejak 4 April 2020 lalu, untuk mendapat perawatan lebih lanjut.

Berdasarkan hasil tes sweb tenggorokan, yang telah diterima oleh pihak RSUD Regional Mamuju dari Makassar, Sulawesi Selatan (Sulsel) pada 11 April 2020 (hari ini) pasien tersebut dinyatakan positif Covid – 19.

Hal itu, dibenarkan juru bicara Tim GugusTugas Penanganan Covid – 19 Kabupaten Pasangkayu Suri Fitriah, ia mengatakan saat ini yang bersangkutan masih dalam penanganan serius RSUD Regional Mamuju.

“Sesuai hasil tes sweb tenggorokan yang diterima hari ini, dia dinyatakan positif Covid – 19,” kata Suri Fitriah, dalam pers rilis yang dibagikan, Sabtu 11 April 2020.

Suri mengatakan, saat ini keluarga yang bersangkutan sedang dalam pemantauan pihak DinasKesehatan (Dinkes) Kabupaten Pasangkayu, dengan status Orang Dalam Pantauan (ODP).

Dikatakan Suri, pihak Dinkes Pasangkayu kini melakukan survey untuk mengetahui yang bersangkutan pernah kontak dengan siapa saja, sebelum diketahui positif terjangkit Covid – 19.

Hal itu kata dia, sebagai rujukan dalam menentukan langkah selanjutnya terkait penanganan dan pencegahannya Covid – 19 di Kabupaten Pasangkayu.

Pada kesempatan itu, Suri Fitriah menghimbau kepada seluruh masyarakat Kabupaten Pasangkayu, agar tetap tenang dan tidak panik, namun, tetep mengikuti protokol kesehatan sesuai anjuran pemerintah terkait pencegahan Covid – 19.

“Kami berharap kepada seluruh masyarakat agar sebisa mungkin tetap menahan diri untuk tidak keluar dari rumah,” kata Suri Fitriah.

Kata dia, dengan kondisi saat ini sangat dibutuhkan kerjasama yang baik masyarakat untuk bergotong royong melawan penyebaran Covid – 19.

Ia menambahkan, jika ada orang yang baru tiba di wilayah Kabupaten Pasangkayu, agar sesegra mungkin didaftar dan dilaporkan identitasnya kepada tim Gugus Tugas agar dapat terus dipantau oleh petugas kesehatan.

“Kami berharap masyarakat bisa bekerjasama dengan pemerintah untuk mencegah penyebaran Covid – 19 ini,” tandasnya.

WAHYUANDI

TINGGALKAN KOMENTAR