Badan Pusat Statistik (BPS) Sulawesi Barat menggelar Sosialisasi dan Koordinasi terkait Penyusunan Pembentukan Modal Tetap Bruto (PMTB), Mamuju, Kamis, 29 Maret 2018. (Foto: Arisman)

TRANSTIPO.com, Mamuju – Badan Pusat Statistik (BPS) Sulawesi Barat menggelar Sosialisasi dan Koordinasi terkait Penyusunan Disagregasi Pembentukan Modal Tetap Bruto (PMTB) di d’Maleo Hotel & Convention Mamuju, Kamis, 29 Maret 2018.

Kegiatan ini beberapa orang dari perwakilan OPD Pemprov Sulawesi Barat serta sejumlah instansi vertikal yang berkedudukan di provinsi ini.

Hadir selaku pemeteri adalah Kepala BPS Sulawesi Barat Suntono, dan ada juga pemateri dari Dinas Penanaman Modal, Perizinan Terpadu Satu Pintu (DPM PTSP) Sulawesi Barat.

Diwawancara seusai acara, Suntono mengatakan bahwa kegitan sosialisasi PMTB ini diharapkan pemerintah memiliki data terkait investasi yang lengkap, di mana sekarang investasi yang dimiliki pemerintah hanya satu saja (global).

“Kita harapkan ke depan pemerintah dapat memiliki data yang lengkap terkait investasi,” harap Suntono.

Ia menambahkan, bila dirinci secara institusi, sebaran insvestasi itu ada di mana? Mulai dari pemerintah berapa, swasta ada berapa dan di rumah tangga ada berapa.

Dan, katanya, kalau pun nanti dijabarkan dari sektor lapangan usaha, maka di sektor mana saja dari 17 sektor yang ada?

“Dengan adanya data investasi ini maka pemerintah dengan mudah melakukan estimasi pertumbuhan ekonomi  yang lebih baik,” sebut Suntono.

Ia melanjutkan, dengan data investasi maka pengusaha akan dengan mudah menihat di mana ia akan menginvestasikan modalnya.

“Sekali lagi pemerintah harus memiliki data yang lengkap terkait investasi jika ingin pertumbuhan ekonomi di Sulawesi Barat lebih meningkat di tahun-tahun berikutnya,” tegas Suntono.

ARISMAN SAPUTRA

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini