Dibangun sebagai Gedung Kesenian Sulawesi Barat di Simboro, Mamuju, tapi untuk sementara waktu akan dipakai oleh UPT BKN Sulawesi Barat. (Foto: Arisman)

Gedung Kesenian Sulawesi Barat tampak begitu mentereng di kawasan Simboro, Mamuju. Tapi—mungkin—ada nama dan fungsi lain yang lebih penting.

Kini, Gedung Kesenian itu menjadi tempat UPT BKN Mamuju.

TRANSTIPO.com, Mamuju – Entah berapa tahun diperjuangkan sebuah gedung kesenian itu, dan beberapa waktu lalu semerbaklah harapan lantaran sebuah gedung megah telah jadi untuk tempat menampung potensi berkesenian daerah ini.

Namun apa lacur, Gedung Kesenian Sulawesi Barat—begitulah nama awalnya—harus berganti nama dan pemakai setelah gedung itu benar-benar telah jadi.

Pada Rabu, 28 Maret 2018, gedung yang dibangun dari dana APBD Sulawesi Barat 2017 itu telah diresmikan.

Peresmian ini sekaligus untuk dipakai sementara oleh Kantor Unit Pelaksana Teknis (UPT) Badan Kepegawaian daerah (BKN) di Mamuju.

Siaran pers dari Biro Humas BKN, Mohammad Ridwan menyebutkan, peresmian ini digagas oleh Pemerintah Provinsi Sulawesi Barat dan BKN, di mana kemudian dituangkan dalam perjanjian pinjam pakai antara Pemerintah Provinsi Sulawesi Barat dan BKN.

“Bangunan gedung milik Pemerintah Provinsi Sulawesi Barat dipinjam pakai kepada UPT BKN Mamuju,” tulis Mohammad Ridwan dalam siaran pers itu.

Menjawab wawancara wartawan, setelah diresmikan UPT BKN Mamuju yang statusnya pinjam pakai, Kepala BKN RI Bima Haria Wibisana mengatakann, UPT BKN akan didirikan di semua Ibu Kota provinsi yang bertujuan untuk meningkatkan pelayanan bagi pegawai negeri sipil (PNS) termasuk di Sulawesi Barat.

“Dengan adanya UPT BKN di Sulawesi Barat, pelayanan terhadap ASN akan lebih mudah,” kata Bima Haria Wibisana.

Ia juga menuturkan, kalau gedung ini kita pinjam pakai yang difasilitasi oleh pemerintah provinsi.

Katanya, ke depan BKN juga akan membangun kantor sendiri. Olehnya itu, jika pihak provinsi dapat menghibahkan tanah, kami berterima kasih.

Gunting pita tanda peresmian gedung baru yang akan dipinjam pakai oleh Kantor UPT BKN Sulawesi Barat, Mamuju, Rabu, 28 Maret 2018. (Foto: Arisman)

“Kami berharap Pemprov Sulawesi Barat dapat menghibahkan tanah untuk pembangunan Kantor BKN sendiri,” harap Bima Haria Wibisana.

Hadir dalam peresmian itu antara lain, Staf Ahli Gubernur Darno Majid. Darno sampaikan, Pemerintah Sulaweai Barat mengapresiasi atas kehadiran UPT BKN di Sulawesi Barat, di mana ini sebagai tindak lanjut pembagunan kerja sama dan kesepahaman dalam meningkatkan pelayanan di bidang kepegawaian.

“Semoga dengan adanya UPT BKN di Sulawesi Barat dapat membantu dan mempercepat serta meningkatkan pelayanan di bidang kepegawaian,” sebut Darno.

Turut hadirdalam acara itu, Sekertaris Utama BKN RI Usman Gumanti, Kepala BKD Sulawesi Barat Amujib, Wakil Ketua DPRD Sulaweai Barat Arman Salimin, beberapa perwakilan OPD lingkup Pemprov Sulawesi Barat dan tamu undangan.

ARISMAN SAPUTRA

TINGGALKAN KOMENTAR