Kepala BPS Sulbar Win Rizal saat menyampaikan sambutan di acara Workshop wartawan, Mamuju, Selasa, 11 Desember 2018. (Foto: Arisman)

TRANSTIPO.com, Mamuju – BPS Perwakilan Sulbar menggelar Workshop Wartawan tentang Indikator Statistik Provinsi Sulbar 2018, Mamuju, Selasa, 11 Desember 2018.

Acara ini digelar di Hotel d’Maleo Mamuju, dihadiri Kepala BPS Sulbar Win Rizal sebagai narasumber. Peserta workshop adalah 20 orang wartawan di Mamuju.

Kepala BPS Sulbar mengatakan, kegiatan ini dilaksanakan karena kami menyadari bahwa masih terbatas masyarakat yang mengetahui apa itu data statistik.

“Banyak masyarakat yang menganggap bahwa angka statistik adalah hal yang sulit atau bikin pusing, sehingga kegiatan ini kami laksanakan untuk memberi tahu kepada rekan-rekan sebagai pemberi informasi kepada masyarakat,” terang Win Rizal.

Kata Win Rizal, angka statistik dibutukhan dalam berbagai bidang seperti bidang pendidikan, kesehatan, pertanian, sosial, politik, ekonomi, dan pariwitasa.

“Secara sederhana angka statistik dapat dijadikan sebagai bahan dalam pelaksanaan pembagunan, bahkan dalam kehidupan sehari-hari biasanya menggunakan data-data statistik,” ungkap Win Rizal.

Olehnya itu, ujarnya, untuk menyebarluaskan informasi tentang pemahaman statistik kepada masyarakat, baik itu info tentang inflasi, data, kemiskinan atau data statistik lainnya.

“Kami dari BPS sebagai penyedia data dan para wartawan sebagai pengguna data. Workshop ini untuk mensinkronkan dan menyamakan persepsi dalam menyampaikan data tentang statistik kepada masyarakat,” ujar Win Rizal.

ARISMAN SAPUTRA

TINGGALKAN KOMENTAR