Paslon Arta-Aja Raih Suara Terbanyak di Pilkada Mateng

188

TRANSTIPO.COM, Topoyo – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Mamuju Tengah (Mateng) Sulawesi barat (Sulbar) melaksanakan rapat pleno terbuka rekapitulasi hasil perhitungan suara Pemilihan kepala daerah (Pilkada) tingkat kabupaten tahun 2020, Selasa 15 Desember 2020.

Rapat Pleno dilaksanakan di Aula KPU Mateng yang dipimpin langsung ketua KPU Mateng, Nasrul Muhayang dengan di dampingi lima komisioner lainnya.

Turut hadir dua komisioner dari Mamuju, Adi Arwan dan St Aminah, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Mateng, Panitia pemilihan kecamatan (PPK) se-kecamatan, saksi, pihak kepolisian resor polres Mateng, serta sejumlah perwakilan partai politik.

Dari hasil Rapat pleno terbuka tingkat kabupaten Mateng untuk pemilihan kepala daerah Bupati dan wakil Bupati Mateng tahun 2020 untuk seluruh kecamatan menetapkan suara sah pasangan H. Muh. Aras Tammauni dan H Amin Jasa (Arta – Aja) sebanyak 67321 suara. Sedangkan Suara sah kotak kosong (Koko) sebanyak 3852 suara.

“Perolehan suara Aras-Amin 67321 atau 94, 74 persen dan kotak kosong dari perolehan suara 3852 atau 5.41persen,” papar Nasrul Muhayang saat memimpin sidang.

Nasrul juga menuturkan jika suara tida sah untuk Pilkada Mateng tahun 2020 sebanyak 1630 dan untuk suarah sendiri sah berjumlah 71173.

“Jika dilihat dari suara sah dan suara tidak sah maka partisipasi piklada Mateng sekitar 89,20 persen, turun sekitar kurang lebih 3 persen dari pilkada sebelumnya,” ungkap Nasrul.

RULI SYAMSIL