Dinas Perhubungan (Dushub) Mamuju Tengah (Mateng) berikan masker kepada para pengunjung di pasar tradisional Topoyo. (Foto: Istimewa)

TRANSTIPO.com, Topoyo – Kenormalan baru alias new normal, kini mulai diterapkan di sejumlah kabupaten di Sulawesi Barat (Sulbar), sejumlah tempat-tempat umum mulai beraktivitas kembali.

Meski begitu, Pemerintah Daerah (Pemda) terus bergerak mengantisipasi adanya penyebaran Covid-19, dengan melakukan berbagai cara di sejumlah tempat umum yang ramai dikunjungi masyarakat.

Seperti yang dilakukan Dinas Perhubungan (Dushub), Kabupaten Mamuju Tengah (Mateng), di PasarTradisional Topoyo. Setiap pengunjung yang datang, mesti dilakukan screnning baru diperbolehkan masuk dalam pasar tersebut.

“Jadi setiap pengunjung wajib dilakukan tes suhu tubuh baru masuk dalam area pasar,” kata Kepala Dinas Perhubungan Sigit Dwihastono, Jumat 12 Juni 2020.

Kegiatan itu, bertujuan untuk mengantisipasi adanya penyebaran Covid-19, juga memastikan para pengunjung di pasar tersebut dalam kondisi sehat.

Kepada pengunjung, Kepala Dinas Perhubungan memberikan masker bagi yang tidak menggunakan, hal itu sebagai bentuk perhatian agar masyarakat tetap ikut protokol kesehatan.

Selain itu, masyarakat juga diberikan sebuah stiker, berupa himbauwan kesehatan untuk ditempelkan di kendaraan masing-masing.

“Kami juga trus mensosialisasikan protokol kesehatan agar masyarakat tetap patuh,” ujar Sigit.

Kegiatan tersebut merupakan tindak lanjut atas surat edaran Bupati Mateng tentang New Normal, yang kini mulai berangsur diterapkan di sejumlah kabupate di Sulawesi barat.

“Kita tidak henti-hentinya mengingatkan masyarakat agar tetap menjaga kesehatan dan ikut protokol kesehatan,” tandasnya.

RULI SYAMSIL

TINGGALKAN KOMENTAR