Legislator Arsal Aras Sebut Bangunan Baru di Mateng Tanpa IMB

334
Ketua DPRD Kabupaten Mamuju Tengah (Mateng) H. Arsal Aras Tammauni saat memberikan pengarahan di Aula Kantor Bupati Mateng, Tobadak, Senin, 20 Desember 2021. (Foto: Ruli Syamsil)

TRANSTIPO.com, Tobadak – Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Mamuju Tengah (Mateng), Arsal Aras Tammauni menyindir kinerja salah satu Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Mamuju Tengah (Mateng).

Sindiran Ketua DPRD Mateng tersebut ia tujukan kepada Bidang Penataan Ruang Dinas PUPR Pemkab Mateng.

Arsal Aras menyebut terkait lemahnya pengawasan terhadap pembangunan, terkhusus rumah warga yang ada dalam kota di Mateng.

Ia menilai, lemahnya pengawasan
karena tidak menjalankan aturan oleh dinas terkait sesuai tupoksinya.

“Ini mengakibatkan kesemrautan terjadi, sehingga menimbulkan pemandangan yang kumuh, terutama dalam kota,” ungkap Arsal Aras di Tobadak, Mateng, Senin, 20 Desember 2021.

Hal itu terbukti, sebut Arsal Aras, di hampir pembangunan yang berjalan di Mateng selama ini, tidak ada ditemukan papan Izin Mendirikan Bangunan (IMB) yang terpasang, baik pembangunan baru maupun Izin bangunan yang sedang dalam bongkaran.

“Saya dapat pastikan, hampir bangunan baru yang berdiri di dalam kota Mateng tidak memiliki IMB, begitu juga bangunan yang dibongkar. Saya belum pernah melihat Izin ini terpasang,” tegas Arsal Aras.

Arsal melanjutkan, “Kita tidak tahu bangunan apa, apakah yang dibangun rumah tinggal, rumah toko, atau rumah walet. Kita tidak tahu.”

Kritikan pedas Legislatir dari Partai Demokrat ini, ia sampaikan saat ia memberi sambutan pada acara peresmian Program Komunitas Anti Kawasan Kumuh (Kawanku) yang berlangsung di Ruang Pola Kantor Bupati Mateng, Tobadak, Senin, 20 Desember.

Program ‘Kawanku’ merupakan inovasi Disperkim Pemkab Mateng.

Olehnya itu, Arsal Aras berharap agar dinas terkait menjalankan aturan sesuai tupoksinya masing-masing.

“Di usia Mateng yang ke-9 ini bukan lagi melakukan sosialisasi di lapangan, tetapi sudah masuk menjalankan aturan yang telah ditetapkan pada masing-masing OPD,” pungkas Arsal.

Pada kesempatan ini pula, Arsal berpesan agar OPD lain memiliki inovasi tersendiri seperti halnya Inovasi yang saat ini telah diluncurkan oleh Disperkim Mateng.

“Ini nyata keberhasilannya,” puji Arsa kepada Disperkim.

Olehnya itu, selaku Ketua DPRD Mateng, pihaknya akan terus mensuppor jika program-progam itu untuk kepentingan masyarakat Mateng.

RULI SYAMSIL

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini