Kabupaten Mamuju Tengah Menyediakan Sarana Jendela Ilmu

3370
PERPUSTAKAAN DAERAH KABUPATEN MAMUJU TENGAH (MATENG), SULAWESI BARAT, 2024. (FOTO: RULI)

TRANSTIPO.com, Topoyo – Bagi Masyarakat Mamuju Tengah (Mateng) telah memiliki sarana untuk tempat mendapatkan bahan bacaan bermutu, juga temlat dengan fasilitas bahan literasi lainnya.

Hadirnya Perpustakaan Daerah Kabupaten Mateng, Sulawesi Baray, ini menjadi salah satu bukti Pemkab Mateng berkomiten meningkatkan melek baca bagi masyarakat umum.

Gedung perpustakaan pemerintah daerah ini berada di kawasan Kota Terpadu Mandiri (KTM) Tobadak, Kecamatan Tobadak, Mateng.

Tampak secara fisik, gedung ini dibangun dua lantai, fasilitas penunjangnya terbilang lengkap dan dibuat dengan suasana nyaman bagi setiap pengunjung.

Kabid Perencanaan Perpustakaan Mateng, Ifrad, kepada media ini pada Kamis, 1 Februari 2024, mengatakan bahwa lantai satu ada area khusus penyandang disabilitas, ruang bermain anak, sedangkan di lantai dua ada ruang pojok baca cukup luas, ruang komunitas, mushollah, dan ruang bioskop yang juga bisa difungsikan ruang rapat.

Menurut Ifrad, warga yang akan meminjam diharuskan memiliki kartu pelanggan.

Gedung perpustakaan Pemkab Mateng ini masih baru, dan pada akhir Januari lalu telah ditempati. Ifrad akui masih ada kekuarangan, seperti buku khusus anak-anak sekolah, sains, dan buku literasi lainnya.

Kabid Kearsipan dan Perpustakaan, Asgar Syamsil berharap hadirnya gedung baru tersebut mampu menarik minat baca masyarakat Mateng. Anak-anak sekolah dan mahasiswa di antaranya yang mesti cinta literasi.

Asgar Syamsil mengajak kepada kepada semua pihak untuk datang ke perpustaan baru itu. Semuanya gratis.

RULI SYAMSIL

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini