Dinas PMD Kabupaten Mateng Telah Matangkan Tahapan Pilkades Serentak 2021

575
Kepala Dinas PMD Kabupaten Mamuju Tengah (Mateng), Provinsi Sulawesi Barat, Sulkifli. (Foto: Ruli Syamsil)

TRANSTIPO.com, Topoyo – Tahapan Pemilihan Kepala Deaa (Pilkades) serentak tahun 2021 di Kabupaten Mamuju Tengah (Mateng), Provinsi Sulawesi Barat akan memasuki tahap tes tertulis, dan tahapan lainnya masih terus berlangsung di  masing-masing desa di Kabupaten Mateng.

Tahapan pembentukan Panitia Pelaksana di tingkat kabupaten sudah terlaksana. Tahapan lainnya yang masih berjalan seperti verifikasi berkas bakal calon kepala desa di tingkat desa, kemudian hasilnya akan diserahkan ke panitia pelaksana kabupaten untuk seterusnya pelaksanaan tes tulisnya di bulan Oktober 2021.

Hal tersebut di atas disampaikan oleh Kepala Dinas (Kadis) Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Kabupaten Mateng Sulkipli saat dikonfirmasi di ruang kerjanya pada Senin, 20 September 2021.

“Tes tertulis ini akan dilaksanakan di bulan Oktober mendatang. karena belum sepenuhnya mendapatkan data secara keseluruhan dari panitia pelaksana di tingkat desa, jadi perkiraan sementara dari 40 desa di Mateng yang akan mengikuti pilkades serentak tahun ini akan diikuti oleh sekitar seratusan calon. Pelaksanaan tes tertulis ditargetkan berlangsung hanya dalam satu hari,” terang Kasis PMD Mateng Sulkifli.

Pada penjelasan berikutnya, Sulkifli menambahkan, “Jadi tempat untuk tes tertulis ini nantinya membutuhkan banyak ruang, hal ini karena kita menerapkan protokol kesehatan (Prokes) secara ketat, seperti pembatasan, menjaga jarak. Jadi nantinya kita menggunakan ruang-ruang gedung sekolah.”

Sulkifli juga mengatakan, sambil menunggu nama daftar nama-nama bakal calon kades yang sementara diverifikasi di tingkat desa, setelah kemudian selesai akan diserahkan ke panitia di tingkat kabupaten untuk tahapan selanjutnya, yakni tes tertulis di Oktober nanti.

“Setelah selesai tahapan tes tertulis itu akan berlanjut ke tahapan wawancara. Tahapan pemungutan suara sendiri dilaksanakan pada 10 November 2021,” terang Sulkifli. Advertorial

RULI SYAMSIL

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini