BPBD Mateng Gelar Latihan Relawan Kebencanaan

526
Foto bersama peserta pelatihan relawan kebencanaan BPBD Kabupaten Mateng. (Foto: Ist.)

TRANSTIPO.com, Topoyo – Untuk menguatkan Kawasan dan Pencegahan serta Kesiapsiagaan Bencana 2022, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Kabupaten Mamuju Tengah (Mateng), Sulawesi Barat (Sulbar), Gelar Pelatihan Relawan.

Kegiatan Berlangsung di Aula Wisma Bahari Indah Topoyo, pada Kamis, 07 Juli 2022.

Dibuka oleh Sekda Mateng, Askari Anwar, didampingi Kepala Dinas BPBD Mateng, Bahtiar, Kabid Pencegahan dan Kesiap Siagaan, Buntu Tasik.

Hadir Kepala Seksi BPBD dan perwakilan Basnaz Mateng, serta sejumlah relawan BPBD Mateng dan masyarakat.

Dalam sambutannya, sekda menyampaikan agar pelatihan tersebut benar-benar mampu membangun pengetahuan dan pemahaman relawan lebih mendalam.

Olehnya itu dirinya berharap agar peserta betul-betul dapat meningkatkan pengetahuan serta keterampilan dalam menghadapi berbagai bencana alam.

“Kita berharap kegiatan ini bukan hanya memberikan pemahaman penanganan, tetapi juga betul-betul mampu meningkatkan kapasitasnya dalam pencegahannya,” harap Askary.

Lebih jauh Askari menyebutkan, bahwa di Mateng sendiri memang terdapat beberapa titik daerah yang seringkali mengalami dampak banjir dan longsor, dan perlu ada pemetaan.

“Titik-titik ini harus dipeta-petakan sebagai upaya menghadapi dan menangani bencana alam,” ujarnya.

Menurutnya, pemetaan itu dilakukan bukan hanya sebagai upaya penanganan jika terjadi bencana alam, tetapi juga upaya dalam mencegahan sedini mungkin.

Tentu semua itu sambung dia, tak lepas dengan kersama sama sejumlah stakholder, tak terkecuali dukungan masyarakat, dalam menghadapi beragam bencana alam.

Di tempat sama, Kabid Pencegahan dan Kesiap Siagaan, Buntu Tasik mengatakan, tujuan pelatihan yang dihadiri 40 peserta itu guna memberikan pemahaman dan kemampuan yang mendalam untuk
menghadapi bencana yang sering terjadi di Mateng.

“Tujuan pelatihan ini agar peserta memiliki kemampuan yang lebih dalam, dalam menghadapi berbagai bencana alam di Mateng,” ungkapnya.

Lebih jauh Ia berharap, agar 40 Peserta yang mengikuti pelatihan tersebut nantinya benar-benar mampu menjalankan perannya masing-masing.

Ditempat yang sama, Kadis BPBD Mateng, Bahtiar manambahkan, dengan adanya pelatihan peningkatan pengetahuan serta keterampilan peserta relawan ini berharap mampu membantu pemerintah Mateng sesemaksimal mungkin dalam menangani bencana alam.

RULY SYAMSIL

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini