Bantuan dari KUBE yang Terlambat, Muhammad Ilyas: Alat Pertukangan untuk Kelompok Komplit

79
Sekretaris Dinas Perindag Kabupaten Mateng, Muhammad Ilyas. (Foto: Ruli)

TRANSTIPO.com, Tobadak – Sekretaris Dinas Perindag Kabupaten Mamuju Tengah (Mateng) Muhammad Ilyas undang Wartawan untuk menjelaskan soal bantuan hibah KUBE ke sejumlah kelompok pertukangan di Kabupaten Mateng, termasuk yang diterima Dika Meubel di Tobadak, Mateng.

Bantuan program KUBE tersebut melekat di Disperindag Mateng pada tahun anggaran 2021 sebesar Rp102.000.000.

“Kami perlu luruskan, bantuan KUBE ke kelompok Dika Meubel, kelompok ini sampaikan bahwa salah satu barang alat pertukangan mereka kurang, yang terkesan barang itu tidak ada,” kata Muh Ilyas di kantornya pada Jumat, 14 Januari 2022.

Ilyas menjelaskan perihal bantuan KUBE tersebut didampingi salah seorang kepala bidang di kantornya.

“Tidak seperti itu, yang sebenarnya saat penyerahan pada November lalu itu yang sudah diverifikasi oleh tim PHO disaksikan si penerima. Alat pertukangan kelompok ini sudah komplit, hanya saja waktu itu, salah satu alat mesin mereka dikembalikan karena tidak sesuai pesanan, sehingga memakan waktu yang cukup panjang,” jelas Muh. Ilyas menerangkan riwayat sebenarnya.

Menurutnya, barang dimaksud terlambat lantaran barang itu lagi kosong di Makassar, Sulsel. “Proses ini lama,” kata Ilyas. “Faktor cuaca juga, jadi kendala pengiriman barang,” sebutnya. “Ini yang menyita waktu,” alasannya.

Sebelumnya, nformasi dari rekanan, sebut Ilyas, barang itu akan tiba di Mateng, Jum’at, 14 Januari 2022. “Rupanya datang lebih cepat, kemarin sore, Kamis, 13 Januari 2022, dan telah diterima kelompok Dika Meubel,” ujar Ilyas.

Ilyas sebut bahwa ini hanya mungkin komunikasi yang kurang baik dengan penerima.

“Jadi tidak ada kelompok yang kurang bantuannya,” Ilyas menegaskan.

Ketua Kelompok Dika Meubel, Bahrun (47) mengaku telah terima barang lengkap pada Kamis sore, 13 Januari 2022. “Alhamdulillah kami sudah terima barangnya, yakni skap meja,” aku Bahrun kepada kru laman ini di Mateng.

RULI SYAMSIL

TINGGALKAN KOMENTAR