Data pemantauan Covid-19 Provinsi Sulawesi Barat (Sulbar) per tanggal 14 Mei 2020. (Foto: Istimewa)

TRANSTIPO.com, Mamasa – Jumlah orang yang terinfeksi Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) di Sulawesi Barat(Sulbar), hingga Kamis 14 Mei 2020, tercatat sebanyak 74 orang, dua diantaranya meninggal dunia.

Data tersebut disampaikan gugus tugas percepatan penanganan Covid-19 Provinsi Sulbar, melalui siaran pers pada Kamis 14 Mei 2020.

Dari 74 orang yang dinyatakan terpapar Covid-19, masing-masing Kabupaten Majene sebanyak emapt orang, satu orang dinyatakan sembuh dan tiga orang lainnya sedang menjalani karantina di Rumah Sakit (RS) Regional Mamuju, Sulbar.

Tujuh orang dari Kabupaten Mamuju, lima orang menjalani karantina di RS Regional Mamuju, dan dua orang lainnya dinyatakan sembuh.

Kabupaten Pasangkayu sebanyak enam pasien, lima orang telah dinyatakan sembuh dan satu orang tambahan pada hari ini Kamis 14 Mei 2020, sedang menjalani isolasi mandiri dibawah pengawasan ketat Puskesmas dan gugus tugas Kabupaten Pasangkayu.

Kabupaten Mamuju Tengah (Mateng) terdapat 35 kasus, 11 orang dinyatakan sembuh, tujuh orang dirawat di RS Regional Mamuju, satu orang dirawat di RS Kabupaten Mateng, 14 orang menjalani karantina di Salugatta, satu orang isolasi mandiri dalam pengawasan ketat Puskesmas setempat dan satu diantaranya meninggal dunia.

Sementara Kabupaten Polewali Mandar (Polman) tercatat sebanyak 22 kasus, satu orang dinyatakan sembuh, 13 orang dirawat di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Polman, tujuh orang isolasi mandiri di rumah masing-masing dalam pengawasan Puskesmas dan tim gugus tugas, satu orang dinyatakan meninggal dunia.

Jumlah Orang Dalam Pantauan (ODP) di Sulawesi Barat sebanyak 1496 orang, selesai pemantauan 1362 orang dan dalam proses tersisa 132 orang, meninggal satu orang.

Orang Tanpa Gejala (OTG) tercatat sebanyak 732 orang, selesai pengawasan 404 orang, dan dalam proses pengawasan sebanyak 328 orang.

Untuk jumlah Pasien Dalam Pengawasan (PDP) sebanyak 63 orang, selesai pengawasan 34 orang, dalam pengawasan 24 orang dan lima orang meninggal dunia.

Disampaikan, adapun pemeriksaan pertama melalui Tes Cepat Molekuler (TCM) yang ada di Sulbar per tanggal 13 Mei 2020 sebanyak 15 sampel  yang diperiksa.

Dari 15 sampel tersebut, 10 merupakan sampel diagnostic pertama dengan hasil negatif, 5 sampel  merupakan swab evaluasi dari pasien kasus positif dengan hasil tiga orang positif dan dua orang negatif.

Sementara, untuk hasil pemeriksaan dari Balai Besar Laboratorium Kesehatan (BBLK) Makassar yang diterima pada Kamis 14 Mei 2020, menerangkan bahwa 15 kasus di Sulbar dinyatakan sembuh, masing-masing empat orang dari Kabupaten Pasangkayu dan 11 orang dari Kabupaten Mamuju Tengah.

“Jadi sampai dengan tanggal 14 Mei 2020, total sembuh Covid-19 di Sulbar sebanyak 20 orang,” terang juru bicara tim gugus tugas percepatan penanganan Covid-19 Sulawesi Barat, Safaruddin Sunusi, melalui pers rilisnya.

WAHYUANDI

TINGGALKAN KOMENTAR