Jajaran KPU, PPK, PPS dan PPDP Kabupaten Mamasa saat foto bersama untuk persiapan coklit data Pemilu, Mamasa, Sabtu, 20 Januari 2018. (Foto: Ist.)

TRANSTIPO.com, Mamasa – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Mamasa memulai kegiatan pencocokam dan penelitian (Coklit) untuk memutakhirkan data Pilkada.

Kegiatan ini diawali dengan melakukan apel bersama dengan sejumlah anggota PPK, PPS dan PPDP se-Kabupaten Mamasa yang dilaksanakan di lapangan tennis Mamasa, Sabtu, 20 Januari 2018.

Kegiatan Coklit yang dilaksanakan KPU Mamasa menghadirkan sebanyak 328 peserta dari anggota PPK, PPS dan PPDP yang datang dari lima kecamatan di Kabupaten Mamasa.

Anggota komisioner KPU Provinsi Sulawesi Barat (Sulbar) Adi Arwan Alimin, yang hadir dalam kegiatan itu mengatakan, pencocokan dan penelitian (Coklit) adalah mencatat atau mencoret pemilih yang tidak memenuhi syarat sehingga Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (PPDP) akan mendatangi rumah-rumah warga untuk melakukan Coklit secara teliti.

Selain itu, daftar pemilih tetap (DPT) ditentukan oleh petugas PPDP. Petugas ini diminta benar-benar menjalankan tugas dan penuh tanggung jawab demi terlaksannya pemilihan kepala daerah yang baik.

“Daftar pemilih yang syarat adalah warga yang betul-betul berpenduduk di wilayah kabupaten yang akan melakukan Pilkada serentak. Statusnya juga harus jelas, yang ditandai oleh data kependudukan yang benar tanpa ada rekayasa sedikit pun,” kata Adi Arwan Alimin.

Sementara itu, Ketua KPU Mamasa Suryani T. Dellumaja mengungkapkan, kegiatan Coklit diselenggarakan oleh KPU di seluruh Indonesia terutama di 171 daerah yang melaksanakan Pilkada serentak 2018.

Menurut Suryani, Coklit dilakukan berdasarkan hasil sinkronisasi daftar pemilih tetap (DPT) terakhir dengan jumlah 117.451 orang dan Daftar Penduduk Potensial Pemilih (DP4), dangan jumlah 122.660, yakni laki-laki sebanyak 62.255 orang, dan perempuan sebanyak 60.405 orang.

“Jumlah ini masih berpotensi bertambah dan berkurang jika ada pemilih pemula, dan berkurang jika ada yang sudah meninggal serta ditemukan ada data ganda,” ungkapnya.

Kegiatan apel Coklit yang diselenggarakan KPU Mamasa, sedianya akan dihadiri oleh semua anggota PPK, PPS dan PPDP dari 17 kecamatan yang ada di Kabupaten Mamasa.

Namun berdasarkan keterangan Ketua KPU Mamasa tersebut, kegiatan itu tidak direncanakan sejak awal, sehingga peserta yang hadir hanya diikuti 5 kecamatan saja.

FRENDY CHRISTIAN

TINGGALKAN KOMENTAR