Empati TNI di Desa Banea, Kades Thomas Sambut Letkol Stevi

436
Dandim 1428/Mamasa Letkol Inf. Stevi Palapa sedang meninjau program Pra TMMD ke-112 di Desa Banea, Kecamatan Sumarorong, Kabupaten Mamasa pada Jumat, 3 September 2021. (Foto: Wahyuandi Taslim)

TRANSTIPO.com, Mamasa – Telah hampir sebulan prajurit TNI dari Kodim 1428/Mamasa, Kabupaten Mamasa, Sulawesi Barat, bersama masyarakat membangun desa di Desa Banea, Kecamatan Sumarorong sebagai lokus kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-112 tahun 2021.

Mengawali kegiatan TMMD, Kodim 1428/Mamasa melaksanakan Pra TMMD sejak 25 Agustus 2021. Pada kegiatan ini, prajurit TNI mengerjakan 5 unit MCK beserta Bak penampungan air, dan membangun Talud sepanjang 90 meter di wilayah pemukiman warga.

Dandim 1428/Mamasa Letkol Inf. Stevi Palapa mengatakan, sejak pelaksanaannya pada 25 Agustus 2021 lalu, progres pembangunan fisik Pra TMMD mulai nampak peningkatan. Pprogres pembangunan fisik sudah mencapai 20 persen.

“Puji Tuhan, hingga saat ini progres pembangunan fisik Pra TMMD mulai ada peningkatan. Sudah mencapai 20 persen,” ungkap Dandim Mamasa, Jumat, 3 September 2021.

Stevi Palapa menambahkan, pada pelaksanaan TMMD, ada dua item kegiatan, yakni pembangunan fisik berupa pembangunan MCK, Duiker, pelebaran jalan, talud, dan rehabilitasi gedung Gereja.

Selain pembangunan fisik, pada kegiatan TMMD mendatang, juga dilaksanakan kegiatan non-fisik berupa penyuluhan penanganan stunting dan pemeriksaan kesehatan secara gratis.

“Ada juga posyandu, bela Negara dan wawasan Kebangsaan. Semuanya ini akan dilaksanakan pada TMMD nantinya,” pungkas Stevi Palapa.

Merespon kegiatan TMMD, Kepala Desa Banea Thomas mengatakan, sebagai pemerintah dan mewakili masyarakat Desa Banea, pihaknya menyampaikan rasa terima kasih karena kegiatan ini bisa ditempatkan di Desa Banea, dan ini nyata menjawab kebutuhan masyarakat.

Menurut Thomas, Desa Banea layak mendapat pembangunan itu. Sebagai partisipasi masyarakat, warga Desa Banea ikut bersama TNI membangun MCK dan Talud.

“Kami akan bergotong royong bersama TNI dalam rangka menyukseskan kegiatan TMMD di desa kami,” ungkap Thomas.

WAHYUANDI TASLIM

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini