Negeri di atas Awan Mamasa (Foto : Frendy)

TRANSTIPO.com, Mamasa – Mungkin banyak traveler masih pusing mau kemana saat libur lebaran. Di Kabupaten Mamasa, Sulawesi Barat ternyata ada banyak objek wisata asyik yang bisa anda kunjungi.

Kabupaten Mamasa, menyimpan pesona wisata yang sayang untuk dilewatkan. Buat kamu yang mau libur lebaran nanti, ini ada beberapa objek wisata menanti untuk kamu kunjungi.

Dikumpulkan media transtipo.com Minggu, 2 Juni 2019, berikut destinasi asyik untuk dikunjungi saat liburan ke Mamasa:

 Air Terjun Liawan

Air terjun Liawan adalah salah satu air terjun yang sangat menarik untuk dikunjungi bagi yang suka traveling, Air terjun ini terletak di Kecamatan Sumarorong, Kabupaten Mamasa, dengan ketinggian sekitar 70-80 m. Kesejukan alam sekitar dan pemandangan yang indah akan membuat parah pengungujung beta berlama-lama di kawasan wisata ini, selain menikmati keindahan air terjun, anda juga dapat berenang menikmati segarnya air yang asalnya dari hutan asli pegunugan quarles Mamasa.

Air Terjun Liawan, Kecamatan Sumarorong, Kabupaten Mamasa (Foto : Frendy)

Buntu Liarra (Negeri di Atas Awan Mamasa)

Buntu Liarra atau “Negeri di Atas Awan Mamasa”, yang dikenal eksotis itu juga sayang untuk dilewatkan. Objek wisata yang satu ini terletak di pegunungan perbatasan Kecamatan Tanduk Kalua dan Kecamatan Balla, Kabupaten Mamasa. Meski terbilang baru, namun objek wisata “Negeri di Atas Awan” menawarkan panorama alam pegunungan dengan pepohonan asri serta lukisan awan yang indah dan menakjubkan mata.

Buntu Liarra “Negeri di Atas Awan Mamasa” (Foto : Frendy)

Wisata Anggrek Mamasa

Wisata Anggrek Mamasa ini terletak di Desa Tondok Bakaru, Kecamatan Mamasa. Objek wisata ini dikelolah oleh sekelompok pemuda yang menggeluti menjadi petani aggrek lokal Mamasa, dan saat ini telah mengoleksi sekitar 300 jenis tanaman anggrek cantik, mereka memanfaatkan area pekarangan rumahnya dijadikan taman anggrek. Bahkan lokasi objek wisata ini sudah diberi nama Dusun Anggrek. Selain anda bisa menikmati ratusan anggrek cantik disini, anda juga bisa langsung membelinya sebagai oleh-oleh untuk dibawa pulang.

Wisata Aggrek Mamasa, Desa Tondok Baraku, Kabupaten Mamasa.

Desa Wisata Balla Tumuka

Desa Balla Tumuka adalah sebuah perkampungan tradisional di Kabupaten Mamasa, di Desa ini terdapat lebih dari 100 rumah tradisiona atau dikenal dengan rumah adat Mamasa yang dibangun secara berderet rapi diatas bukit dengan ketinggian ± 1400 M dari permukaan laut. Keunikan dan ragam budaya obyek wisata yang dimiliki Desa Balla Tumuka’ kini telah di tetapkan sebagai Desa Wisata.

Objek Wisata Perkampungan Tradisional, Desa Balla Tumuka, (Foto : Bono)

Kuburan Tua Tedong-Tedong

Tedong-tedong minanga atau kuburan tedong-tedong yang terletak di Desa Buntu Balla, Kecamtan Balla, Kabupaten Mamasa usianya diperkirakan sekitar 400 tahun lebih. Ratusan kerangka manusia yang diduga keturunan manusia pertama di Mamasa masih tersimpan rapi dalam sebuah kuburan kayu berbentuk patung kerbau atau perahu yang disebut tedong-tedong minanga.

Objek Wisata Kuburan Tua Tedong-Tedong (Foto : Bono)

 Tenun Mamasa

Tenun Mamasa adalah salah satu kain tradisional yang sudah terpelihara sejak turun-temurun oleh warga Mamasa. Ratusan pengrajin tenun ini bisa anda temui di Kecamatan Balla, Kabupaten Mamasa. Bagi masyarakat di daerah itu menenun adalah salah satu warisan leluhurnya yang hingga kini tetap dilestarikan, disini anda bisa membeli secara langsung kain tenun yang anda suka sebagai kenang-kenangan sekaligus menjadi cenderamata.

Tenun Mamasa Di Kecamatan Balla (Foto : Frendy)

Air Terjun Malute (Air Terjun 8 Tingkat)

Di Mamasa, Sulawesi Barat, terdapat air terjun Malute yang eksotis dan unik dengan 8 tingkat. Air terjun ini dikelilingi alam yang indah, dengan air yang jernih dan segar. Obyek wisata alam ini berlokasi sekitar 10 kilometer dari Kota Mamasa terletak di Lombonan, Desa Tawalian Timur, atau di tepat berada di Jalan Poros Mamasa-Toraja.

Air terjun Malute atau Air terjun 8 tingkat (Foto : Bono)

 Rafting (Arung Jeram)

Selain obyek wisata dan budaya yang terkenal, Kota Mamasa dibelah oleh sebuah sungai besar, yakni Sungai Mamasa, Di Mamasa kini telah tersedia obyek wisata yang menantang adrenalin yakni rafting atau arung jeram yang bisa anda nikmati ketika berkunjung. Karakteristik sungai ini sangat bervariasai, mulai dari arusnya liar, pertemuan anak sungai hingga beberapa titik arus berputar yang menghadirkan keseruan berfantasi bagi anda yang suka rafting. Selain itu anda dapat menikmati pemandangan di sekitar kota Mamasa karena rute rafting yang akan anda lalui sepanjang wilayah kota Mamasa.

Wisata Rafting atau Arung Jeram (Foto : Frendy)

Perahu Selfi Villa Adelwais.

Perahu Selvi adalah salah satu objek wisata baru di Kabupaten Mamasa, Sulawesi Barat, yang belakangan ini telah menjadi primadona baru khusunya kaum millenial. Perahu terbuat dari puluhan batang bambu disulap menyerupai perahu dengan background pemandangan alam dan deretan bukit yang indah menjadi tempat favorit anak muda berswa foto. Objek baru ini berada tidak jauh dari Kota Mamasa, tepatnya di Desa Tondok Bakaru, Kecamatan Mamasa.

Perahu Selfi Villa Adelwais Desa Tondok Bakaru (foto : Frendy)

Hutan Pinus Salukodo

Tempat wisata yang tak kalah menarik di Mamasa yakni hutan Pinus yang  dikenal masyarkat Mamasa “To’  Pinus”. Objek wisata ini selalu menjadi tempat wisata menarik bagi sejumlah kau muda, di lokasi ini anda bisa menikmati puluhan pohon pinus yang berjejer rapi nan indah, selain itu anda bisa hunting photo, atau sekedar jalan-jalan menikmati udara sejuk di tengah iklim tropis khas alam Mamasa, juga bisa bermain hammock  hingga mendirikan tenda di tengan hutan pinus untuk bermalam.

FRENDY

TINGGALKAN KOMENTAR