Sejumlah peserta yang sedang menari pada perlombaan Festival Budaya Daerah, Mamasa, 3 April 2018. (Foto: Frendy)

TRANSTIPO.com, Mamasa – Upaya melestarikan budaya dan memberikan pendidikan karakter bagi siswa, pemerintah daerah melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Mamasa, melaksanakan Festival Budaya Daerah untuk tingkat SMP.

Festival dilaksanakan di Aula Hotel Sajojo Kecamatan Mamasa, Kabupaten Mamasa,  Sulawesi Barat, dengan memperlombakan sejumlah tarian khas daerah Mamasa, Selasa, 3 April 2018.

Tutuk Widodo, Sekretaris Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Mamasa mengungkapkan, kegiatan itu adalah upaya pembinaan pendidikan karakter bagi anak- anak pada masing–masing sekolah demi pengembangan seni dan budaya yang menjadi kearifan lokal di Kabupaten Mamasa.

Kegiatan ini juga diharapkan bisa mejadi motivasi agar generasi yang akan datang tetap menjaga kearifan lokal Mamasa, sehingga bisa menjadi modal dalam pengembangan kepariwisataan di Kabupaten Mamasa ke depan.

Namun sangat disayangkan, katanya, kegiatan yang berlangsung satu hari ini, hanya diikuti 3 sekolah saja dan peserta yang hadir hanya berkisar 30 orang.

Dikonfirmasi terkait minimnya peserta yang hadir, ia mengatakan bahwa hal itu disebabkan karena bertepatan dengan sejumlah kegiatan di Dinas Pendidikan dan kebudayaan Kabupaten Mamasa.

“Ini juga karena ada lomba O2SN besok pada tingkat SD dan SMP jadi kemungkinan, para peserta yang diundang memilih fokus untuk perlombaan besoknya sehingga tidak hadir,” ungkap Tutuk.

Tarian budaya Mamasa yang diperagakan sejumlah peserta Festival Budaya Daerah. (Foto: Frendy)

Sejumlah tarian yang diperlombakan anak sekolah ini, menceritakan kehidupan masyarakat Mamasa seperti tari “Tomepare” yang menceritakan kehidupan petani, mulai dari pengolahan sawah hingga panen padi.

Nama tarian ini itu diamblil dengan melihat kondisi masyarakat yang mayoritas menggantungkan hidupnya pada lahan pertanian. Tarian ‘Tomepare’ ini diperagakan peserta dari SMP Satria Sumarorong.

FRENDY CHRISTIAN

TINGGALKAN KOMENTAR