Sekretaris Provinsi Sulbar Ismail Zainuddin (tengah) sedang menyerahkan bendera kontingen Sulbar yang akan ikut berlaga di Popnas kepada Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Sulbar Herdin Ismail (kiri) di lapanga upacara Kantor Gubernur Sulbar, Mamuju, Senin, 11 September 2017. (Foto: Farid)

TRANSTIPO.com, Mamuju – Sekretaris Provinsi Sulawesi Barat (Sekprov Sulbar) Ismail Zainuddin melepas secara resmi kontingen Sulbar untuk mengikuti Pekan Olahraga Pelajar Nasional (Popnas) XIV yang akan berlangsung di Semarang, 11-21 September 2017.

Pelepasan tersebut dilakukan di lapangan upacara Kantor Gubernur Sulbar. Acara ini dirangkaikan dengan Peringatan Hari Olahraga Nasional (Haornas). Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Sulbar Herdin Ismail menyampaikan, tahun ini kontingen Sulbar dikirim 54 orang, terdiri dari 10 pelatih dan 35 atlit.

Mereka akan mengikuti sejumlah cabang olahraga, di antaranya, atletik putera (kelas 800 meter, 1500 meter, dan 5000 meter), lompat jauh untuk putra/putri, lempar lembing (puteri), dayung, karate, panahan, pencak silat, sepak takraw, taekwondo, dan tinju.

Menurut Herdin, dalam menentukan seorang atlet, Pemprov Sulbar tidak hanya mengkader begitu saja, tapi telah melakukan seleksi seperti Pekan Olahraga Pelajar Wilayah (Popwil) dan Olimpiade Olahraga Sekolah Nasional (O2SN).

“Untuk Popnas, Sulbar ditargetkan membawa pulang medali. Kita tidak sebut emas, tetapi kita hanya menargetkan medali, karena ketika kita sebut emas dan tidak mendapat target maka itu adalah sebuah kegagalan,” kata Herdin.

Sekprov Sulbar Ismail Zainuddin mengatakan, peringatan Haornas merupakan suatu peristiwa bersejarah yang mampu memberikan inspirasi/motivasi bagi seluruh bangsa Indonesia.

Keikutsertaan Sulbar pada ajang tersebut, kata Ismail, mengukur tingkat pencapaian pembinaan prestasi olahraga atlet pelajar.

Haornas juga, masih Ismail, sebagai ajang seleksi pembentukan tim pelajar nasional yang akan dipersiapkan pada event olahraga pelajar tingkat internasional.

Dengan event ini pula, hemat Ismail, akan mencetak dan melahirkan calon-calon atlet terbaik di kalangan pelajar di masa depan untuk menjadi atlet kebanggaan Sulbar dan Indonesia.

Selain itu, katanya, momentum peningkatan gairah dan motivasi pelajar untuk berlatih dan berprestasi diajang olahraga, kemudian dapat memelihara dan meningkatkan persatuan dan kesatuan bangsa.

“Kita harapkan kita dapat juara, setidak-tidaknya dapat medali, serta dapat motivasi dan menjaga nama baik daerah. Itu yang penting, karena tujuan olahraga juga disamping membina prestasi juga dapat mempersatukan bangsa,” ujar Ismail Zainuddin.

FARID/HUMAS PEMPROV SULBAR

TINGGALKAN KOMENTAR