Anwar Adnan Saleh (kiri) dan istri (Enny Anggraeni Anwar) nyanyi duet di malam penutupan pameran Sulbar, Selasa malam, 27 September 2016. (Foto: Zulkifli Darwis)

Anwar & Enny duet nyanyi di malam penutupan itu. Tak sedikit hadirin yang dalam kelopak matanya sembab, dan ada yang berisak. Mereka menangis lantaran gubahan lagu yang menyentuh rasa.     

TRANSTIPO.com, Mamuju – Usai sudah kemeriahan di jantung kota Mamuju ini. Pada Selasa malam, 27 September 2016, Gubernur Sulbar Anwar Adnan Saleh menutup secara resmi kegiatan Pameran Sulawesi Barat Expo dan Pagelaran Budaya II Sulawesi Barat 2016.

Sulbar Expo dan pagelaran budaya Sulbar adalah rangkaian kegiatan memeriahkan HUT Sulbar ke-12 yang jatuh pada 22 September 2016.

“Tak terasa kita telah memeringati hari jadi Sulbar ke-12. Kita telah berjalan begitu jauh. Kita sudah capai beberapa kemajuan jika dibandingkan dengan daerah-daerah lain. Kita berharap agar pembangunan ini bisa terjaga dengan baik dan bisa dilanjutkan oleh calon gubernur pengganti saya, setelah pesta demokrasi 15 Februari 2017 mendatang,” urai Anwar Adnan Saleh di atas panggung di malam penutupan pameran, Mamuju, Selasa, 27 September 2016.

Gubernur Sulbar dua periode ini berharap, Gubernur dan Wakil Gubernur Sulbar yang terpilih nantinya dapat melanjutkan pembangunan jalan arteri yang berada di depan panggung pagelaran budaya ini.

Gubernur Sulbar dua periode Anwar Adnan Saleh (kiri) sembari berjongkok mengelus kedua pipi seorang bocah di arena pameran Sulbar, Selasa malam, 27 September 2016. (Foto: Zulkifli Darwis)
Gubernur Sulbar dua periode Anwar Adnan Saleh (kiri) sembari berjongkok mengelus kedua pipi seorang bocah di arena pameran Sulbar, Selasa malam, 27 September 2016. (Foto: Zulkifli Darwis)

“Saya sudah mulai dengan susah payah. Mencari anggarannya dengan susah payah, dan alhamdulilah jalan ini sudah di multiyearskan oleh Kementerian PU. Pemerintah pusat telah menjamin kesiapan anggaran untuk melanjutkan jalan arteri ini. Jadi mudah-mudahan ini didengar oleh para calon cagub dan cawagub. Karena tidak ada alasan untuk tidak melanjutkan jalan ini. Ini akan jadi kebanggaan masyarakat Sulbar, khususnya masyarakat Mamuju,” jelas Anwar.

Seusai beri sambutan dan menutup secara resmi kegiatan yang telah berlangsung selama hampir sepekan ini, Anwar Adnan Saleh bersama istri (Enny Anggraeni Anwar) berjalan-jalan sambil menemui para pedagang dalam arena pameran.

Salah seorang pedagang bilang, “Kami dari pedagang menyambut baik dengan adanya pagelaran ini dan dibolehkan menjual di arena pameran ini. Alhamdulillah jualan saya laris. Semoga ke depan lebih baik lagi,” kata lelaki Amir kepada gubernur Anwar.

Wakapolda Sulbar Kombes Pol Tajuddin bersama istri menemani Anwar dan Enny berjalan-jalan sembari berbelanja dagangan warga yang dijajakan malam itu.

Nyaris tak ada bidikan kamera laman ini yang ‘super sempurna’ lantaran begitu banyak orang berjubel di malam penutupan pameran ini. Senggol kiri dan senggol kanan kerap terjadi. Sulit memilih posisi yang tepat ketika kamera dituju pada ‘Sulbar satu’ ini.

Semua orang telah kembali ke kabupatennya masing-masing. Semua orang telah membawa kesan di kepala dan hati masing-masing: tentang riuhnya pameran, tentang hujan ‘berkah’ yang menyelinap di samping tenda, tentang indahnya pelangi di atas arteri, tentang siapa pemimpin baru pelanjut pembangunan Mandar besar lima tahun ke depan—setelah Anwar Adnan Saleh dan Aladin S. Mengga.

ZULKIFLI DARWIS/SARMAN SHD

TINGGALKAN KOMENTAR