Massa pendukung Partai Golongan Karya (Golkar). (Foto: Net.)

TRANSTIPO.com, Polewali – Di masa deadline ini atau Senin, 16 Oktober 2017, Partai DPD Partai Golkar Polman baru mendaftarkan berkas kepengurusan partai di KPU Polman.

DPD Partai Amanat Nasinoal (PAN) Polman juga mendaftar Senin ini. Perkembangan di KPU Polman, berkas Partai Golkar ditolak karea tak lengkap.

Setiap partai politik yang akan mendaftar menjadi peserta Pemilu 2019 diwajibkan memasukkan data ke Sistem Informasi Partai Politik (Sipol) yang ada di situs KPU. Syarat tersebut merupakan bagian dari proses penyelenggaraan pemilu.

Sipol ini dibuat berdasarkan peraturan KPU RI, sesuai dengan kewenangannya yang diberikan oleh undang-undang. Sipol ini adalah bagian dari upaya penyelenggaraan pemilu yang efisien dan efektif.

Di Polman, KPU setempat menolak berkas pendaftaran Golkar karena dianggap belum lengkap. Jumlah NIK atau KTP elektronik seperti jumlah yang dipersyaratka oleh KPU tak dipenuhi oleh partai ini.

Pihak KPU Polman beri waktu hingga pukul 24.00 wita, malam ini. Ketua DPD Partai Golkar Polman Muslim Fattah yang dikonfirmasi wartawan mengatakan, kami optimis hari ini berkas kita diterima karena kita hanya mengantar saja berkas yang akan diverifikasi KPU.

“Di pusat kami sudah oke. Tapi faktanya KPU Polman menolak berkas partai kami dan diberi deadline (batas waktu) sampai pukul 24.00 wita, malam ini,” kata Muslim Fattah.

Sementara itu, Wakil Ketua DPD Partai Golkar Polman, Muhiddinb Mukatar, kepada media mengatakan, “Dari awal saya sudah sampaikan mesti kita lebih cepat mendaftar ke KPU, namun pengurus yang lain selalu cari waktu. Disepakati Senin, di batas waktu terakhir. Beginimi jadinya.”

Abubakar Kadir, Sekretaris Partai Golkar Polman, juga mengatakan, “Saya kira KPU tidak akan menolak kita karena ini baru pendaftaran. Masa waktu yang diberikan Insha Allah bisa kita penuhi.”

Logo Partai Amanat Nasional (PAN). (Foto: Net.)

Menurut pihak KPU Polman, apabila mereka (Golkar, red) tidak bisa melengkapi data yang dibutuhkan, maka Golkar tidak diperkenangkan ikuti Pemilu 2019.

“Silahkan lengkapi data hingga watas waktu yang ditentukan, sebagaimana yang sudah kita sepakati bersama, yang sebelumnya telah kami sampaikan,” kata salah seorang di KPU Polman kepada laman ini.

Nasib sama juga dialami oleh PAN Polman. Menurut salah seorang kader senior partai ini di Polewali, Jamar Yasin Badu, “Akan kita selesaikan semua kekurangan sesuai tenggang waktu yang diberikan oleh KPU.”

BURHANUDDIN HR

TINGGALKAN KOMENTAR