Kapolres Mamasa, AKBP. Arianto (foto: Frendy Christian).

TRANSTIPO.com, Mamasa – Keputusan pengadilan merupakan keputusan hukum yang mempunyai kekuatan tetap yang ditentukan undang-undang. Kewajiban Polri sebagai institusi penegak hukum untuk melaksanakan undang-undang demi tegaknya supremasi hukum yang berkeadilan.

“Tugas pokok Polri sebagai pelayan masyarakat dan penegak hukum dalam rangka Harkamtibmas, bagaimana mengelola dinamika kehidupan masyarakat sehingga semua aspek dinamis dan dapat terwujud stabilitas dari semua aspek baik ideologi, politik, ekonomi, sosial budaya, maupun pertahanan dan keamanan,” kata Kapolres Mamasa, AKBP. Arianto

Lanjutnya, hal itu yang menjadi landasan kepolisian dalam mengelola kamtibmas, yang dilandasi konsep strategis baik secara yuridis, sosiologis dan psikologis untuk mengelola kamtibmas sehingga terwujud stabilitas keamanan.

Menurutnya, kajian analisis intelijen menyikapi perkembangan situasi dengan implementasi kegiatan baik preventif maupun upaya penegakan hukum menjadi landasan strategis dalam pengambilan keputusan cara bertindak dalam mengelola kamtibmas.

“Kajian analisis yang dimaksud tentunya didasari pada fakta-fakta di lapangan, baik perspektif keamanan maupun aspek dinamis yang berkembang dalam masyarakat,” tuturnya.

Ia juga menuturkan, yang terpenting dalam mengelola kamtibmas di Kabupaten Mamasa, demi tercipta kondusifitas yang sinergisitas semua unsur terkait baik pemda, masyarakat dan instansi terkait dengan mengedepankan persamaan visi, misi dan menyatukan persepsi bersama-sama mewujudkan kamtibmas khususnya di Kabupaten Mamasa.

FRENDY CHRISTIAN

TINGGALKAN KOMENTAR