Semua Kabupaten di Sulbar, Bantuan PKH Tahap Pertama Dibayarkan di Bulan Januari Ini

131

TRANSTIPO.com, Mamuju – Pembayaran tahap pertama bantuan sosial Program Keluarga Harapan (PKH) di Provinsi Sulawesi Barat (Sulbar) tahun 2019 sebanyak 64.291 orang.

Hal ini disampaikan koordinator PKH wilayah Sulbar Bustan Basir Maras kepada wartawan usai menghadiri acara video conference di ruang Vicon Polda Sulbar pada Jumat pagi, 11 Januari 2019.

“Tahun 2019, penerima bantuan PKH tahap pertama di Sulbar sebanyak 64.291 jiwa/orang,” kata Bustan Basir.

Bustan Basir menjelaskan pembayaran bantuan PKH sudah ada jadwalnya, dimulai pada bulan Januari yang akan disalurkan sebanyak Rp.550.000 per keluarga.

“Pembayaran PKH tahap pertama akan langsung dibayar di Januari ini. Berbeda dengan tahun lalu dimana pembayaran PKH dilakukan 3 bulan sekali,” katanya.

Masih Bustan, selain itu untuk pembayaran PKH 2019, kita juga akan menghitung jumlah bantuan untuk komponen setiap jiwa, dimana dari 7 komponen hanya 4 komponen yang kita akan bantu setiap keluarga, yaitu ibu hamil, anak usia dini (SD, SMP, SMA), penyandang disabilitas berat, dan usia lanjut.

Pembayaran berikutnya, sebut Bustan, akan dilakukan di bulan Maret, Juni, dan November 2019. Jumlah uangnya tergantung komitmen mereka terhadap program ini. Misalnya, jika anaknya tidak sekolah kita akan finalti, kalau ibu rumah tangga tidak sehat dan tidak melahirkan di pustu kami juga akan finalti.

“Jumlah komponen uang yang akan diterima sangat ditentukan oleh kemitmen terhadap program PKH itu sendiri sesuai verifikasi yang dilakukan oleh pendamping di lapangan,” ujar Bustan Basir.

Namun, tambah Bustan Basir, jumlah yang akan dibayarkan hanya jumlah eligible komitmen, masuk dalam daftar SP2D dan termulti kredit di Bank penyalur Himbara. Untuk Provinsi Sulbar disalurkan oleh Bank BNI, BRI, dan Bank Mandiri.

Berikut data penerima PKH untuk tahap pertama (Januari 2019) di setiap kabupaten di Provinsi Sulbar:

Kabupaten Mamuju 7.216 keluarga.

Kabupaten Majene 9.404 keluarga.

Kabupaten Polewali Mandar 31.226 keluarga.

Kabupaten Mamasa 9.549 keluarga.

Kabupaten Pasangkayu 4.359 keluarga.

Kabupaten Mamuju Tengah 2.537 keluarga.

ARISMAN SAPUTRA

TINGGALKAN KOMENTAR