Sekprov Sulbar Ismail Zainuddin (kiri) sedang berbincang dengan Kepala SMK Negeri I Mamuju Mahmud Ridwan (kedua kiri) ketika sedang meninjau UNBK pada siang tadi, Senin, 3 April 2017. (Foto: Risman Saputra)

TRANSTIPO.com, Mamuju – Siang tadi, Senin, 3 April 2017, Sekprov Sulbar Ismail Zainuddin sedang meninjau pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK)  di SMA Negeri 1 Mamuju.

Senin ini adalah hari pertama ujian nasional tingkat sekolah lanjutan tingkat atas (SLTA) secara serentak. Dalam kunjungannya ini, Sekda Isamail Zainuddin didampingi oleh Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaaan Sulbar Andi Achmad Syukri Tammalele, Kabag Humas Pemprov Sulbar Andi Irfan, dan seorang auditor dari Kemendiknas Gunung Pandjaitan serta yang mewakil Kantor BPKP Sulbar.

Di sekolah itu, Ismail Zainuddin mengatakan, sejauh yang saya lihat semuanya berjalan dengan baik, sesuai dengan prosedur yaitu dengan menggunakan sistem komputer.

“Kita berharap ujian ini bisa memacu prestasi siswa dalam rangka meningkatkan  mutu pendidikan di sekolah, apalagi sekolah ini—SMK Negeri 1 Mamuju—adalah sekolah yang kita dirikan untuk mencetak generasi muda untuk siap bekerja di masyarakat,” urai Ismail Zainuddin menjawab pertanyaan sejumlah wartawan yang mewawancarainya, Senin siang tadi di Mamuju.

Ditanya soal fasilitas yang tersedia di sekolah itu, Ismail menjawab, jujur ini masih sangat kurang dan perlu ditingkatkan dalam rangka memberikan pelayanan yang maksimal kepada masyarakat—anak generasi kita yang datang bersekolah di sini, di SMK ini.

Lanjut Ismail, loginya begini: siswa itu adalah anggota masyarakat yang datang ke sekolah untuk mendapatkan pelayanan, sama dengan warga yang lain yang datang di kantor catatan sipil misalnya untuk mendapatkan KTP.

Sekprov Sulbar Ismail Zainuddin (kana) sedang meninjau pelaksanaan UNBK di SMKN I Mamuju, Senin, 3 April 2017. Dalam peninjauan ini, Sekprov Sulbar didampingi oleh Kadisbud Sulbar Andi Achmad Syukri Tammalele, Kabag Humas Sulbar Andi Irfan, dan sejumlah pejabat lainnya. (Foto: Risman Saputra)

“Kalau mereka costumer (pelanggan) maka dia harus diperlakukan atau dilayani seperti ‘raja’, begitu kira-kira,” kata Ismail Zainuddin dalam pendekatan logika marketing.

Di sisi lain, Mahmud Ridwan, Kepala SMK Negeri I Mamuju mengatakan, kami bersyukur atas kerjasama yang baik antara pihak sekolah, Diknasbud Sulbar, dan Telkom Mamuju sehingga ujian ini dapat berjalan dengan baik.

Rinciannya, sebut Mahmud, peserta ujian 168 siswa dari sebanyak 178 siswa. “Sekitar 10 siswa yang tak ikut ujian nasional, dan mereka tak beri tahu apa alasannya. Yang pasti, sudah empat bulan mereka—yang tak ikut ujian—sudah tak masuk sekolah,” urai Mahmud.

Untuk diketahui, ujian ini akan dilakasanakan selama empat hari: Senin hingga Kamis, minggu ini. Ujian hari ini, Senin, untuk bidang studi: Bahasa Indonesia, Matematika, Bahasa Inggris, dan Teori Kejuruan. Advertorial

RISMAN SAPUTRA

TINGGALKAN KOMENTAR