Kapolda Sulbar Brigjen Pol. Baharudin Djafar (kedua kanan) saat beri penjelasan pada acara coffee morning antara insan pers di Mamuju dengan pimpinan Polda Sulbar di Warkop 157, Mamuju, Rabu, 18 Oktober 2017. (Foto: Humas Polda Sulbar)

TRANSTIPO.com, Mamuju – Ramah tamah atau coffee morning kali pertama ini antara pimpinan Polda Sulbar yang baru dengan wartawan di Mamuju terasa lengkap.

Disebut lengkap sebab coffee morning ini dihadiri oleh Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Sulbar Brigjen Pol. Baharudin Djafar dan Wakil Kepala Kepolisian Daerah (Wakapolda) Sulbar Kombes Pol. Edi Sutendi, termasuk sejumlah Pejabat Utama di Polda Sulbar.

Bahkan Kapolres Mamuju AKBP Mohammad Rifai Arvan dan jajarannya juga hadir.

Bincang-bincang antara dua pihak ini berlangsung santai dan menyiratkan keakraban, dilaksanakan pada Rabu siang, 18, Oktober 2017 di Warkop 157, Mamuju, Sulbar.

Sekadar diketahui, kedua pimpinan paling atas—Kapolda dan Wakapolda—di institusi kepolisian Provinsi Sulbar ini, masih terbilang baru. Wajarlah memang jika baru kali ini ada waktu luang undang wartawan untuk minum kopi bersama, dan tentu merilis sejumlah informasi penting.

Bagi Kapolda Sulbar, gelaran pertemuan dan bincang-bincang seperti ini dinilainya cukup baik. Jalinan silaturahmi dan komunikasi antarpara pihak memang perlu dipupuk seterusnya.

Kapolda Sulbar bilang bahwa pertemuan seperti ini akan mempererat hubungan kemitraan antara Polri dengan media, dan karena itu ini akan diagendakan lagi.

Brigjen Pol. Baharudin Djafar adalah mantan Kabid Humas Polda Metro Jaya, Jakarta. Kepada sejumlah wartawan—cetak, elektronik, dan online—Kapolda Sulbar ini mengatakan, coffee morning sebagai medium saling mengenal lebih dekat dengan rekan kerja, sebagai sarana bertukar pikiran menyangkut hal-hal atau permasalahan yang kemudian dipikirkan bersama untuk mencari jalan keluarnya.

Dengan begini, harap Kapolda Sulbar, maka akan tercipta sebuah suasana kerja yang nyaman dan solid.

Kapolda ini begitu terbuka bagi wartawan. Pada bincang-bincang itu, ia persilahkan kepada wartawan untuk sampaikan informasi apa saja walau itu kurang baik, sebab dengan yang kurang baik itu bisa diperbaiki, dan jika ada yang kurang betul bisa dibetulkan bersama-sama.

Sejumlah insan pers di Mamuju hadir dalam acara coffee morning bersama Kapolda Sulbar Brigjen Pol. Baharudin Djafar dan Wakapolda Sulbar Kombes Pol. Edi Sutendi bersama Pejabat Utama Polda Sulbar dan Kapolres Mamuju AKBP Mohammad Rifai Arvan di Warkop 157, Mamuju, Rabu, 18 Oktober 2017. (Foto: Humas Polda Sulbar)

Pada pertemuan yang terbuka ini, Brigjen Pol. Baharudin Djafar lebih menyukai manakala tercipta suasana santai. Sebab menurutnya, dengan suasana seperti itu akan muncul ide-ide baru, gagasan baru untuk maju bersama melakukan perbaikan khususnya yang ada di Sulbar ini.

Pada kesempatan berikut, Wakapolda Sulbar Kombes Pol. Edi Sutendi juga sampaikan sejumlah hal penting.

Mantan Kabid Humas Polrestabes Makassar, Sulsel, ini sebut perlu dukungan dari insan pers dalam melakukan sosialisasi melalui pemberitaan.

Edi Sutendi berharap tetap sinergi antara insan pers dengan Polri. “Tanpa peran dari insan pers maka penegakan hukum tak akan berjalan dengan baik,” katanya.

ARISMAN SAPUTRA/SARMAN SHD

TINGGALKAN KOMENTAR