Upacara bendera di lapangan Makorem 142 Tatag Mamuju, Kamis, 5 Oktober 2017. (Foto: Risman Saputra)

TRANSTIPO.com, Mamuju – Telah usai beragam kegiatan yang dilaksanakan oleh Korem 142 Tatag Mamuju dalam rangka memeringati HUT TNI ke-72 2017.

Pada Kamis, 5 Oktober 2917, adalah puncak ulang tahun itu. Pada Kamis kemarin itu, Korem 142 Tatag laksanakan upacara bendera di lapangan upacara Makorem, Rangas, Mamuju, Sulbar.

Dalam upacara peringatan HUt TNI ke-72 itu, inspektur upacara ialah Kasrem 142 Tatag Mamuju Kolonel Inf. Priono. Pada upacara itu tampak Kapolda Sulbar Brigjen Pol. Baharudin Djafar, Sekprov Sulbar Ismail Zainuddin, Bupati dan Wakil Bupati Mamuju, Kabinda Sulbar, dan sejumlah tamu.

Kolonel Inf. Priono membacakanan Amanat dari Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo. Dalam amanat itu disebutkan, antara lain, pengabdian dan profesionalisme TNI sebagai pelindung masyarakat tak perlu diragukan.

“Penyelenggaraan HUT TNI pada hakikatnya sebagai bentuk laporan pertanggujawban TNI kepada rakyat atas pembangunan tenaga TNI yang telah dan sedang dilaksanaknan, khussusnya pada tahun anggaran 2017. Olehnya itu, tema pokok pada HUT ke-72 yaitu Bersama Rakyat TNI Kuat,” pesan Jenderal Gatot yang dibacakan Koloel Priono.

Makna dari tema ini, sebut Priono, ialah TNI tumbuh dan berkembang serta  berjuang bersama rakyat, dan inilah esensi diri kesejatian TNI yang tidak boleh pudar di tengah arus globalisasi yang terus bergerak secara dinamis.

“Kesejatian TNI harus dikembangkan dan diselarakan sesuai dengan pola pikir kehidupan masyarakat yang semakin modern,” kata Priono, dalam sambutan tertulisnya.

Pesan lainnya, kecintaan akan tetap terbagun sebagai modal pokok karena bersama rakyat TNI kuat dalam menjalankan dan melindungi NKRI.

Kekuatan TNI yang bersandar pada rakyat merupakan bentuk pengaplikasian yang melibatkan semua komponen bangsa yang turut serta bela Negara.

“Selama ini TNI telah—dan akan terus—memberikan sumbangsihnya kepada bangsa dan Negara, baik itu melalui perang atau pun operasi militer selain perang,” tegas Gatot Nurmantyo dalam amanatnya yang dibacakan oleh inspektur upacara Kasrem 142 Tatag Mamuju Kolonel Inf. Priono.

RISMAN SAPUTRA

TINGGALKAN KOMENTAR