Kontingen Korpri Provinsi Sulbar sebagai peserta Pornas Korpri XIV di Yogyakarta, 2 November 2017. (Foto: Ist.)

TRANSTIPO.com, Yogyakarta – Daerah Istimewa (DI) Yogyakarta tuan rumah penyelenggaraan Pekan Olahraga Nasional Korps Pegawai Republik Indonesia (Pornas Korpri) XIV 2017.

Pembukaan Pornas Korpri XIV berlangsung sederhana. Yang istimewa adalah karakteristik budaya Yogyakarta menjadi ‘latar’ profil dalam pembukaan itu.

Seremoni acara digelar di Gelaggang Olahraga (GOR) Among Praja, Kamis, 2 November 2017. Tak kesan megah, namun pesan dari tuan rumah tepat apa yang hendak dituju dalam event ini.

Pembukaan diawali dengan atraksi berupa tarian daerah Yogyakarta. Setelah itu muncul satu persatu kontingen dari Korpri pemerintah provinsi, kementerian, dan lembaga se-Indonesia.

Pornas Korpri XIV secara resmi dibuka oleh Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo. Ia didampingi oleh Menpora Imam Nahrawi, Gubernur DI Yogyakarta Sri Sultan Hamengkubuwono X, dan Ketua Umum Dewan Pengurus Korpri Nasional Zudan Arif.

Lewat ajang Pornas Korpri XIV, Tjahjo berharap adanya bibit-bibit atlet berprestasi dari Korpri yang mampu membawa nama harum bangsa dan negara.

“Di bawah Menpora ini sepak bola mulai meningkat prestasinya, bulutangkis mulai juara di mana-mana. Mudah-mudahan Pornas Korpri ini mampu menyemarakkan suasana olahraga nasional menjelang Asian Games 2018 mendatang. Mari kita dukung semoga kontingen Indonesia di bawah Bapak Menpora ini agar mampu berprestasi,” tutur Tjahjo.

Sementara, Menpora Imam Nahrawi menganggap Pornas Korpri XIV menjadi momen yang tepat untuk membangkitkan semangat olahraga jelang ajang Asian Games 2018 yang akan digelar di Indonesia.

“Ini menjadi momentum membanggakan di saat atlet muda kita membutuhkan dukungan, doa, serta inspirasi dan saat bersamaan jajaran Korpri mengistikomahkan hal itu. Terlebih kita akan menjadi tuan rumah Asian Games dan Asian Para Games 2018 di Jakarta dan Palembang,” kata Imam.

Pada kesempatan pembukaan Pornas Korpri XIV, Menpora juga meminta semua pihak memberi doa dan dukungan untuk Timnas Indonesia U-19 yang sedang bertanding di Kualifikasi Piala Asia U-19 2018.

“Alhamdulillah pada saat bersamaan pula Timnas U-19 kita telah dua kali bertanding di Korea Selatan dan mampu mengalahkan lawan-lawannya dan semoga mampu menjadi yang terbaik,” katanya.

Pornas Korpri XIV akan dihelat hingga 8 November mendatang. Diikuti 34 kontingen dari provinsi di seluruh Indonesia. 37 kontingen dari kementerian dan lembaga, serta diikuti 2.671 peserta atlet dan pelatih.

Pornas Korpri XIV memperebutkan Piala Bergilir Presiden yang saat ini dipegang Kontingen Jawa Barat.

MUHAMMAD SABARUDDIN Kontributor

TINGGALKAN KOMENTAR