Danrem 142 Tatag Mamuju Kolonel Inf. Taufik Shobri

TRANSTIPO.com, Mamuju – Sejarah itu belum begitu lama. Belum cukup setahun malah. Apa itu? Ya, pada 21 November 2016, Korem 142 Tatag Mamuju diresmikan kehadirannya di Sulawesi Barat (Sulbar).

Peresmiannya meriah sekali. Tak tanggug-tanggung, yang hadir meresmikan Korem baru ini adalah Pangdam VII/Wirabuana Mayjen TNI Agus Surya Bakti.

Dulu, atau sebelum 21 November itu, Markas Korem (Makorem) 142 Tatag berada di Kota Parepare, Sulsel. Tapi sejak itu—saat diresmikannya—Makorem 142 Tatag telah berada di salah sudut kota Mamuju, Sulbar.

Tepatnya di Jalan Pattana Endeng, Kelurahan Rangas, Kecamatan Simboro, kabupaten ibu kota provinsi ini. Jadilah Makorem dengan Kantor Gubernur Sulbar tetangga terdekat—hanya berjarak beberapa ratus meter saja.

Kepindahan Makorem ini berdasarkan Surat Telegram Pangdam VII/Wirabuana Nomor ST/1380/2015 tanggal 4 September 2015.

Jadi, bila dihitung dari waktu, umur Makorem 142 Tatag Mamuju baru 11 bulan. Komandan Korem 142 Tatag Mamuju kini dipimpin oleh Kolonel Inf. Taufik Shobri—Komandan ke-29.

Pada Selasa siang, 3 Oktober 2017, Sang Kolonel AD ini menerima sejumlah wartawan di ruang kerjanya—di Makorem di Rangas baru itu—untuk bincang-bincang ringan.

Sang ‘tuan rumah’ ini jelaskan bahwa Korem 142 Tatag Mamuju membawahi dua provinsi, yaitu Provinsi Sulbar dan bagian selatan wilayah Provinsi Sulsel.

“Menjadi motivasi tersendiri bagi kami untuk selalu menjaga sinergitas demi kemajuan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) ke depan,” kata Kolonel Inf. Taufik Shobri.

Sinergitas yang dimaksud lelaki pemurah senyum ini adalah antara jajaran Korem yang berada di wilayah Sulbar dan Sulsel harus terjalin hubunga yang baik untuk memajukan dan membangun NKRI lebih baik.

Agar tak penasaran, maka Sang Kolonel jelaskan, daerah apa saja sebagian wilayah selatan Sulsel itu yang menjadi naungan Korem 142 Tatag Mamuju.

Wilayah dimaksud adalah Pangkep, Barru, Parepare, Sidrap, Enrekang , Tana Toraja (Tator), dan Palopo. “Kalau di Sulsel itu ada tujuh Kodim, dan di Sulbar sendiri ada tiga Kodim yang kami naungi,” jelas Kolonel Taufik Shobri.

Kodim adalah Komando Distrik Militer. Korem adalah Komando Resort Militer. Sedangkan Kodam adalah Komando Daerah Militer.

Komandan yang belum lama memimpin Korem ini punya harapan besar di tengah hiruk-pikuk atau jelang HUT TNI ke-72 tahun ini.

“Bersama Rakyat TNI Kuat,” kata Kolonel Inf. Taufik Shobri, memulai.

Lalu ia jelaskan, “Saya berharap semua komponen Korem yang ada di wilayah naungan Korem 142 Tatag Mamuju harus tetap bersinergi untuk membangun negeri ke depan yang lebih baik. Tentunya kita juga harus berkontribusi dan siap menghadapi semua tantangan dan hambatan yang ada di negara yang kita cintai ini.”

“Untuk itu, ke depan saya ingin semua prajurit tetap jaga kemampuan, baik kemampuan tempur maupun non-tempur untuk menjaga NKRI,” begitu pesan Kolonel Inf. Taufik Shobri, menutup perbincangan singkat pada Selasa siang, kemarin itu.

ARISMAN

TINGGALKAN KOMENTAR