Sekprov Sulbar Ismail Zainuddin (kanan) bersama Pj. Gubernur Sulbar Carlo B Tewu dalam sebuah pertemuan di Kantor Gubernur Sulbar, beberapa waktu lalu. (Foto: Zulkifli)

TRANSTIPO.com, Mamuju – Jelang pemilukada yang akan dilaksanakan 15 Februari mendatang, semua stakeholder mulai dari pemerintah, masyarakat sampai pada penyelenggara diharapkan ikut mengawal dan mensukseskan pelaksanaan Pilkada. Salah satu Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang juga diharapkan ikut mengawal adalah Satpol PP.

Hal tersebut dikemukakan Sekprov Sulbar Ismail Zainuddin saat menggelar rapat koordinasi dengan Satpol PP se-Sulbar yang berlangsung di ruang kerja Sekprov Sulbar, Selasa, 7 Februari 2017.

“Saya mengharapkan keseriusan kita semua dalam mengawal agar
Pilkada bisa berjalan sesuai dengan kemauan kita bersama, yakni tertib
aman dan lancar,” tegas Ismail.

Kepada jajaran Satpol PP se-Sulbar, Ismail mengharapkan penertiban alat peraga Pilkada—baligho calon, misalnya—harus sesuai dengan mekanismenya. Itu dilakukan agar tidak terjadi benturan dari tim pemenangan ataupun dari calon Gubgub-Cawagub Sulbar itu sendiri.

Selain itu, Sekprov Sulbar juga mengharapkan agar terus mengadakan koordinasi dengan KPU, Bawaslu serta semua stakeholder yang terlibat dalam Pilkada, karena tugas dari Satpol PP adalah menjalankan peraturan daerah, kebijakan Gubernur, Bupati atau Walikota.

Terkait masalah netralisasi ASN, Sekprov Ismail Zainuddin menegaskan, sesuai dengan perintah Gubernur agar semua ASN yang melanggar netralisasi ASN harus ditindaklanjuti sesuai dengan aturan yang berlaku.

Di tempat yang sama, Ketua Bawaslu Busrang Riandhi mengemukakan, ada beberapa potensi masalah sebelum pungut hitung, yaitu akurasi data Pemilu,
surat keterangan dari Capil, TPS rawan, politik uang, dan netralitas penyelenggara Pemilu.

Terkait penertiban alat peraga Pemilu, Busrang Riandhy mengharapkan pelibatan Satpol PP bekerjasama dengan Bawaslu, KPU serta aparat keamanan.

Hadir pada kesempatan tersebut Sekpov Sulbar Ismail Zainuddin, Ketua Bawaslu Sulbar Busran Riandhy, dan jajaran Satpol PP se-Sulbar.

HUMAS PEMPROV SULBAR

TINGGALKAN KOMENTAR