Kapolda Sulawei Barat Brigjen Pol. Baharuddin Djafar dan rombongan memantau langsung Pilkada Mamasa 2018, Rabu, 27 Juni 2018. (Foto: Frendy)

TRANSTIPO.com, Mamasa – Untuk memastikan warga binaan dan pasien turut menggunakan hak pilihnya, Kepala Kepolisian Daerah (kapolda) Sulawesi Barat Brigjen Pol. Baharuddin Djafar menyambangi rumah tahanan (Rutan) dan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kondosapata’, Mamasa, Sulawesi Barat.

“Mamasa salah satu kabupaten di Sulawesi Barat yang melaksanakan pemilihan kepala daerah, maka saya utamakan di sini, tadi malam nginap di sini. Alhamdulillah semua tahapan perjalan dengan aman,” ungkap Baharauddin Djafar, Rabu, 27 Juni.

Baharuddin Djafar lanjut menjelaskan, sekaitan dengan kunjungannya ke Mamasa memantau jalannya pemilihan kepala daerah (Pilkada) serentak, ada dua tempat pemungutan suara (TPS) yang didatangi secara khusus, yaitu TPS di Rutan Mamasa dan TPS di RSUD.

Hal itu disebabkan kerena ada pendataan khusus terhadap tahanan atau warga binaan serta pasien di RSUD untuk dapat menggunakan haknya di TPS.

Menurutnya, bagi tahanan, itu akan menggunakan hak pilihnya setelah masyarakat setempat sudah melakukan pencoblosan. Sedangkan yang pasien, telah disedikan petugas untuk datang ke tempat perawatan dengan membawa surat suara.

Berdasarkan data yang diperoleh, dari 39 warga binaan, 13 di antaranya yang terdaftar sebagai wajib pilih.

Dari jumlah tersebut, diperkenankan menggunakan hak pilihnya dengan pengamanan ketat dari petugas kepolisian resort Mamasa, di TPS 02 Desa Balla Timur, Kecamatan Balla yang berada di depan rutan Mamasa.

Sementara, pasien RSUD Kondosapata menurut petugas TPS, belum diketahui jumlah pasti berapa pasien yang akan menggunakan hak pilih.

Baharuddin berharap agar pilkada Mamasa dapat berjalan dengan aman sesuai ketentuan yang ada. Dan, diharapkan pula tidak ada gangguan keamanan dan ketertiban masyarakat selama dalam proses pilkada tersebut.

Sementara itu, Wakil Bupati Mamasa Bonggalangi yang turut mendampingi Kapolda Sulawesi Barat mengungkapkan, mewakili Pemerintah Kabupaten Mamasa mengapreaiasi kegiatan pemantauan yang dilakukan Kapolda tersebut.

Ia yakini, hal itu bagian dari pemantauan pilkada di Mamasa. “Kita berharap semua proses pilkada ini berjalan dengan aman,” ungkapnya.

Kegiatan ini turut diikuti Kepala Polres Mamasa AKBP. Arianto dan Ketua KPU Mamasa Suryani T Dellumaja beserta serta sejumlah pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) lingkup Pemprov Sulawesi Barat.

FRENDY CHRISTIAN

TINGGALKAN KOMENTAR