Foto bersama seusai diskusi publik terkait peningkatan mutu pendidikan di Sulawesi Barat yang diselenggarakan oleh ORI Perwakilan Sulawesi Barat di Hotel Matos Mamuju, Kamis, 16 Agustus 2018. (Foto: Arisman)

TRANSTIPO.com, Mamuju – Ombudsman Republik Indonesia (ORI) Perwakilan Sulawesi Barat juga beri perhatian terhadap peningkatan mutu pendidikan di Provinsi Sulawesi Barat.

Bentuk perhatian dimaksud, salah satunya, ketika ORI menggelar diskusi tentang pendidikan di Hotel Matos and Convention Mamuju, Kamis, 16 Agustus 2018.

Diskusi ini dipandu oleh Kepala Ombudsman RI Perwakilan Sulawesi Barat Lukman Umar. Hadir dalam diskusi ini, Perwakilan Polda Sulawesi Barat, sejumlah Anggota DPRD Sulawesi Barat, Dewan Pendidikan Sulawesi Barat, para kepala sekolah, dan kalangan pegiat media di Mamuju.

Tema yang diangkat yaitu Diseminasi Hasil Systemic Review Efektivitas Komite Sekolah Dalam Peningkatan Mutu Pendidikan di Sulawesi Barat.

Di wawancarai usai acara, Lukman Umar mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan bentuk perhatian kita terhadap pendidikan di Sulawesi Barat, di mana salah satu yang harus diberdayakan dengan baik yaitu Komite Sekolah.

“Jika komite sekolah itu diberdayakan dengan baik, Insya Allah kebutuhan sekolah semoga dapat terbantu, dan itu memiliki dasar hukum yang jelas,” ujar Lukman Umar kepada laman ini.

Ia menambahkan, kita tidak mungkin berbicara masalah mutu pendidikan jika peralatan-peralatan yang dibutuhkan untuk menggenjot pendidikan itu tidak memadai.

Dalam diskusi itu, Lukman beri beberapa saran untuk perbaikan yang menurutnya bisa diajukan ke pihak yang menangani masalah pendidikan, di antaranya:

Pertama, penguatan produk hukum terkait pendidikan di Sulawesi Barat sesuai kondisi terkini.

Kedua, perlu adanya perbaikan dalam proses rekrutmen pengurus anggota Komite Sekolah.

Ketiga, perlu adanya tindaklanjut kegiatan berupa workshop atau pelatihan terkait Komite Sekolah.

Keempat, perlu adanya peninjauan kembali terhadap program pendidikan gratis.

Kelima, perlu adanya sinergi yang baik antara pihak sekolah dan pengurus Komite Sekolah dengan menyatukan visi dan misi untuk memajukan pendidikan.

ARISMAN SAPUTRA

TINGGALKAN KOMENTAR