Sejumlah pemuda Desa Tondok Bakaru sedang mengikuti pelatihan di bidang kepariwisatan (Foto : Ist)

TRANSTIPO.com, Mamasa – Dalam rangka mendorong kemajuan bidang pariwisata di Mamasa, Dinas Pariwisata Kabupaten Mamasa bekerjsama Reformer Diklatpim III Lembaga Administrasi Negara menggelar pelatihan kepada sejumlah pemuda desa di Tondok Bakaru, Kecamatan Mamasa, Kabupaten Mamasa, Sulawesi Barat.

Pelatihan ini digelar guna memberi dorongan sejumlah pemuda desa terkait tata kelolah destinasi, kesadaran wisata dalam bingkai adat dan istiadat Mamasa, serta pelatihan jajanan kuliner dan dasar-dasar atau teknik menjadi pemadu wisata.

Hadir sebagai pemateri, Margaretha W. Rantw, Manager LSP Polteknik Pariwisata dan Maysie Sirina sebagai Alumni Politeknik Pariwisata pada Jurusan Tata Boga. Kegiatan ini direspon positif sejumlah pemuda yang ikut dalam kegiatan tersebut, mereka begitu antusias mengikuti materi hingga akhir.

“Tujuannya  kegiatan ini untuk meningkatkan pengetahuan masyarakat dari berbagai segi sebagai daya dukung  wisata,” ungkap Alfredi Toding, Kepala Bidang Pengembangan Destinasi Wisata Dinas Pariwisata Kabupaten Mamasa. Rabu, 18 September 2019.

Pihaknya berharap melalu pelatihan yang dilaksanakan itu dapat meningkatkan pemahaman  pemuda desa khusunya di Desa Tondok Bakaru dalam mewujudkan  desanya menjadi desa wisata.

“ Potensi yang ada di tondokbakaru sangat luar biasa khusunya anggrek siap sebagai daya tarik wisata unggulan di Kabupaten Mamasa,”tutur Alfredi.

Sebelumnya Desa Tondok Bakaru sudah ditetapkan sebagai desa sadar wisata oleh pemerintah daerah Kabupaten Mamasa beberapa waktu lalu, karena di desa ini sudah terdapat puluhan obyek wisata yang sudah dibagun oleh sejumlah pemuda dengan memanfaatkan sejumlah potensi yang ada di desanya.

FRENDY

TINGGALKAN KOMENTAR