Lomba Perahu Sandeq dengan Hadiah Utama Rp 30 Juta

1530

TRANSTIPO.com, Mamuju – Tak lama lagi perhelatan lomba perahu Sandeq atau Sandeq Race digelar. Sejumlah persiapan sudah mulai nampak kegiatan wisata bahari tahunan itu.

Sandeq merupakan perahu tradisional Mandar yang mengandalkan kekuatan angin untuk mengadu kecepatan di perairan yang luas.

Kru laman ini mewawancarai Kepala Dinas Pariwisata Sulawesi Barat Farid Wajdi, yang juga pihak penyelenggara Sandeq Race 2018 ini.

Farid bilang, saat ini Sandeq Race sudah di tingkat passandeq, mereka telah memepersiapkan perahunya dan kita sudah memberikan peralatan berupa cat dan layar untuk keperluan mereka turun ke laut.

Menurut Darid, keperluan mereka itu kita berikan pada Senin, 23 Juli 2018.

“Saat ini passandeq sedang menyiapkan perahunya, dan kami sudah memberikan alat-alat seperti cat dan layar,” ujar Farid Wajdi.

Berapa peserta yang akan mengikuti Sandeq Race kali ini?

Farid menjawab, saat ini—menurut laporan dari lapangan—itu baru sekitar 24 passandeq. “Saya berharap jumlah itu bertambah.”

Lomba perahu Sandeq ini, dalam hemat Farid, adalah salah satu cara melestarikan kebudayaan bahari kita, juga  enjadi alat promasi wisata mendatangkan wisatawan ke Sulawesi Barat.

“Saya berharap jumlah yang baru 24 itu dapat bertambah,” harap Farid.

Ia juga mengatakan, rute yang akan dilewati Sandeq Race tahun ini yaitu, star di Polewali Mandar lalu ke Majene, lalu ke Banua Sendana, kemudian ke Deking. Terakhir finis di Mamuju.

“Sandeq Race tahun lalu finis di Makassar, sekarang kita rubah yakni finis di Mamuju agar wisatawan itu datang ke Sulawesi Barat, dalam hal ini kota Mamuju dan tidak lagi ke Makassar,” urai Farid Wajdi.

Apa hadiah yang disiapkan untuk pemenang lomba Sandeq?

“Hadiah utama untuk juara pertama dari Polewali Mandar ke Mamuju kita hadiahi Rp 30 juta. Selain itu, masih ada hadiah lain yang kita disiapkan, seperti hadiah bagi pemenang lomba etape dan hadiah untuk lomba segitiga. Hadiah ini tak kalah menarik,” jawab Farid.

Kapan Sandeq Race dilaksanakan?

Ia jelaskan, karena ini merupan event nasional, jadi untuk pelaksanaan Sandeq Race akan dimulai tanggal 11 Agustus – 17 Agustus 2018.

Farid berpesan agar kegiatan ini diramaikan, karena selain melestarikan budaya bahari, kita juga dapat mengundang wisatawan untuk datang ke Sulawesi Barat tercinta.

ARISMAN SAPUTRA

TINGGALKAN KOMENTAR