Pasca detik-detik launching atau peluncuran Pemilihan Gubernur Sulawesi Barat 2017. Acara launching ini berlangsung di Anjungan Pantai Manakarra Mamuju, Sabtu sore, 3 September 2016. (Foto: Zulkifli Darwis)

TRANSTIPO.com, Mamuju – Di Pantai Manakarra Mamuju hari ini, tepatnya Sabtu sore, 3 September 2016, salah satu tahapan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Sulawesi Barat 2017 benar-benar telah resmi dimulai. Launching atau peluncuran Pilgub Sulawesi Barat pada 15 Februari 2017 sangat meriah.

Launching Pilgub Sulawesi Barat 2017 ini dihadiri langsung oleh Komisioner senior KPU RI Hadar Gumay, Ketua Bawaslu RI Profesor Muhammad, wakil DKPP RI Profesor Ana Erliana, Gubernur Sulawesi Barat Anwar Adnan Saleh, Wakil Gubernur Sulawesi Barat Aladin S. Mengga, Anggota DPR RI Hj. Enny Angraeni Anwar, Ketua DPRD Sulawesi Barat Syamsul Samad, Ketua DPRD Mamuju Hj. Suraidah Suhardi.

Unsur Muspida, Komisioner KPU Sulawesi Barat dan seluruh jajarannya hingga di tingkat kecamatan, Bawaslu Sulawesi Barat dan seluruh jajaranya hingga di tingkat  kecamatan semuanya hadir memadati anjungan pantai Mamuju ini. Juga hadir sejumlah legislator Sulawesi Barat dan legislator dari enam kabupaten di provinsi ini.

Kapolres Mamuju AKBP Sony Mahar Buddy Aditiyawan, mantan Bupati Majene Kalma Katta, sejumlah perwakilan perguruan tinggi, OKP, LSM, tokoh masyarakat dan tokoh agama, perwakilan lembaga mahasiswa berkumpul bersama di acara launching Pilgub itu.

Dalam sambutannya, Ketua KPU Sulawesi Barat Usman Suhuriah, mengatakan bahwa kehadiran bapak dan ibu adalah pertanda kesuksesan Pilgub pada 15 Februari 2017 mendatang.

“Ini adalah sejarah pertama dalam Pemilihan Gubernur Sulawesi Barat. Kalau sejarawan tak mencatat momentum ini, maka biarlah KPU dan Bawaslu yang akan mencatatnya,” kata Usman Suhuriah, sedikit berseloroh.

Acar ini berlangsung dari pukul 15.00 hingga pukul 17.15 wita. Meski hanya berlangsung dua jam lebih, namun acara ini terbilang sukses. Menghibur. Sebuah acara seremoni Pemilu laiknya pertunjukan orkestra yang menawan. Dihadiri banyak pengunjung. Ini pertanda perhelatan akbar ini akan berjalan baik.

ANDI ARWIN

TINGGALKAN KOMENTAR