Ketua KPU Sulbar Usman Suhuriah sedang beri sambutan saat acara pembukaan Debat Publik ketiga Pilgub Sulbar 2017, diselenggarakan di Jakarta pada Kamis, 9 Februari 2017. Debat Publik kala itu disiarkan langsung oleh METROTV di Kedoya, Jakarta Barat. (Foto: Ist.)

TRANSTIPO.com, Mamuju – Pemilihan dan pemungutan suara Pilgub Sulbar 2017 akan berlangsung hari ini, 15 Februari 2017. Seluruh masyarakat Sulbar yang telah memenuhi syarat untuk memilih dapat memilih hari ini. Hal ini disampaikan oleh Usman Suhuriah, Ketua KPU Sulbar, kepada laman ini pada malam tadi, Selasa, 14 Februari 2017.

Menurut Usman Suhuriah, KPU Sulbar beserta seluruh jajarannya dengan kewenangan dan kewajibannya, akan melayani pemilih secara adil tanpa membedakan antara pemilih satu dengan yang lain. Dan bagi pemilih, masih Usman, pada hari ini berhak untuk mendapatkan pelayanan dari petugas pemungutan dan penghitungan suara.

Dengan demikian, urai Usman, seluruh masyarakat Sulbar diharapkan untuk mendatangi tempat pemungutan suara (TPS) di mana warga tersebut akan memilih.

“Pilgub Sulbar dengan partisipasi yang tinggi akan menentukan kualitas penyelenggaraan Pilgub kita. Dengan partisipasi masyarakat yang meningkat akan turut memberi legitimasi keterpilihan calon gubernur dan wakil gubernur,” harap Usman Suhuriah.

Masih menurut penjelasan Usman, perlu dicatat bahwa hari ini adalah hari yang sangat menentukan untuk memilih gubernur dan wakil gubernur Sulbar.

Hal berikut, himbau Usman, bagi jajaran penyelenggara diharapkan untuk terus bekerja sesuai dengan prosedur, sesuai ketentuan tugas fungsi kita selaku penyelenggara, senantiasa bekerja dengan jujur, bersikap independen, dan bekerja profesional.

“Kita juga berharap masyarakat pemilih untuk terus proaktif, termasuk menjalankan fungsi pengawasan dan memberikan koreksi bila ada hal-hal yang tidak sesuai dengan ketentuan. Masyarakat setidaknya terlibat bukan hanya saat pemungutan suara tapi juga saat penghitungan suara,” harap Usman lagi.

Sebagai penutup, Usman Suhuriah kembali berharap, “Hari ini kita berharap pemungutan suara akan berlangsung sukses, termasuk jika ada hambatan- hambatan di lapangan dapat terkoordinasi dengan baik, terkoordinasi baik oleh paslon dengan Bawaslu beserta jajarannya dan para pihak yang berkepentingan langsung dengan penyelenggaraan pilgub 2017.”

“Semoga sukses Pilgub kita kali ini, insya Allah!” doa Usman untuk seluruh masyarakat Sulbar.

SARMAN SHD

TINGGALKAN KOMENTAR