Pangdam XIV Hasanuddin Mayjen TNI Agus Surya Bakti (kiri) bersalaman dengan Ketua KPU Sulbar Usman Suhuriah (kanan) di Makodam XIV Hasanuddin Makassar, Sulsel, Selasa, 5 Desember 2017. (Foto: Ist.)

TRANSTIPO.com, Makassar – Pangdam XIV Hasanuddin Mayor Jenderal (Mayjen) TNI Agus Surya Bakti menerima rombongan KPU Polewali Mandar (Polman) dan KPU Mamasa yang melakukan audiens, didampingi KPU Provinsi Sulawesi Barat, di Makodam XIV Hasanuddin, Makassar, Sulawesi Selatan (Sulsel), Selasa, 5 Desember 2017.

Pangdam Mayjen TNI Agus Surya Bakti menyatakan, pilkada merupakan proses demokrasi untuk memilih pemimpin daerah secara demokratis, dan harus menjamin hak politik setiap pemilih untuk menentukan pilihan secara bebas.

Dalam pilkada, posisi TNI jelas netral dan akan memberi dukungan untuk kelancaran perhelatan tersebut berlangsung dengan aman.

Sesuai fungsinya, TNI akan memback-up Polri untuk mewujudkan rasa aman masyarakat dalam pelaksanaan pilkada 2018 nanti di wilayah Kodam XIV Hasanuddin.

Pangdam XIV Hasanuddin Agus Surya Bakti mengingatkan KPU agar dalam melaksanakan semua tahapan selalu berpedoman pada aturan dan ketentuan yang telah ditetapkan. Sehingga hasil pilkada dapat diterima oleh paslon (peserta pilkada) dan semua pihak, tanpa timbul masalah yang akan mengganggu rasa aman masyarakat.

“KPU sebagai penyelenggara, para pasangan calon dan tim sukses, begitu pun juga masyarakat dan semua pihak semua penting agar paham dengan aturan pilkada, semua sadar dan patuh pada aturan yang ada,” tutur Agus Surya Bakti, yang didampingi beberapa Asisten Kasdam.

Pangdam XIV Hasanuddin Mayjen TNI Agus Surya Bakti (kiri) bersalaman dengan Ketua KPU Polman Muhammad Danial (kanan) di Makodam XIV Hasanuddin Makassar, Sulsel, Selasa, 5 Desember 2017. (Foto: Ist.)

Pada kesempatan itu, Ketua KPU Sulbar Usman Suhuriah menyampaikan terima kasih atas dukungan TNI dan stakeholders yang lain untuk kelancaran Pilgub Sulbar 2017 lalu.

Dari KPU Sulbar, selain Ketua Usman Suhuriah, hadir pula Anggota KPU Sulbar: Nurdin Pasokkori, Mursalim, dan Adi Arwan Alimin serta pejabat Sekretariat KPU Sulbar.

Turut hadir Ketua KPU Polman Muh. Danial disertai Anggota KPU Polman Saipuddin, Fitrinela, Hasriadi, dan Sekretaris Anwar Sida. KPU Mamasa terdiri dari Anggota KPU Mamasa Untung Wijaya, Yusuf Mardianto, dan Marthen B. Pasau, serta Sekretaris KPU Mamasa.

Selain dengan Pangdam XIV Hasanuddin, rombongan KPU melakukan audiens di Kantor Kejati Sulselbar. Di kantor ini diterima oleh Kasi Penkum Kejati Sulselbar Salahuddin, SH.

Audiens ini dalam rangka pemeriksaan kesehatan paslon peserta pilkada Kabupaten Polman dan Kabupaten Mamasa. Selain itu, KPU Sulbar, Polman, dan Mamasa bertemu dengan HIMPSI.

Rombongan komisioner kepemiluan dari Sulbar ini diterima oleh Wakil Ketua HIMPSI Widyaningsih bersama staf dan dengan pengurus IDI yang diterima dr Ihsan.

Dengan pihak kedua organisasi profesi itu, KPU Polman dan Mamasa mendiskusikan beberapa hal terkait teknis pelaksanaan pemeriksaan kesehatan paslon berupa kesehatan jasmani, rohani, dan narkoba.

EmDanial – SARMAN SHD

TINGGALKAN KOMENTAR