Sejumlah pasukan TNI mengangkat Kapolda Sulbar Brigjen Pol Lukman Wahyu Harianto di Anjungan Pantai Manakarra Mamuju, Rabu, 5 Oktober 2016. Kapolda Lukman Wahyu hadir pada acara syukuran HUT TNI ke-71. (Foto: Andi Arwin)

TRANSTIPO.com, Mamuju – Hari ini, Rabu, 5 Oktober 2016, adalah Hari Ulang Tahun (HUT) Tentara Nasional Indonesia (TNI) yang ke-71. Seluruh personil tentara Indonesia serentak melaksanakan Upacara Bendera Merah Putih dalam rangka memeringati hari kelahiran TNI itu.

Di Mamuju, Sulbar, pagi tadi, Senin, 5 Oktober, bertempat di lapangan Merdeka, ratusan pasukan TNI dari pelbagai daerah di Sulbar melaksanakan upacara. Seusai upacara, dilanjutkan acara syukuran yang dipusatkan di Anjungan Pantai Manakarra, Mamuju.

Dalam acara syukuran itu, hadir para petinggi Sulbar, seperti Wagub Sulbar Aladin S. Mengga, Danrem 142/Tatag Kolonel Inf Tandyo Budi R, Kapolda Sulbar Brigjen Pol Lukman Wahyu Harianto, Dandim 1418/Mamuju Letkol Arh Muh. Imran, Wakapolda Sulbar Kombes Pol Tajuddin, Kabid Humas Polda Sulbar AKBP Mashura Mapeara, jajaran FKPPI Sulbar, tokoh pemuda, tokoh adat dan tokoh masyarakat, dan sejumlah undangan.

Wagub Sulbar Aladin S. Mengga dalam sambutannya mengatakan, atas nama Pemprov Sulbar mengucapkan selamat atas Hari Ulang Tahun TNI yang ke-71, semoga TNI tetap kuat dan hebat dalam menjaga kesatuan NKRI.

Upacara Bendera di Lapangan Merdeka Mamuju dalam Rangka memeringati HUT TNI ke-71, Mamuju, Rabu, 5 Oktober 2016. (Foto: Andi Arwin)
Upacara Bendera di Lapangan Merdeka Mamuju dalam Rangka memeringati HUT TNI ke-71, Mamuju, Rabu, 5 Oktober 2016. (Foto: Andi Arwin)

“Kami mengucapkan selamat atas HUT TNI yang ke-71. Semoga kegiatan seperti ini selalu dilaksanakan dan tetap menjaga kerjasama antar TNI dan pemerintah serta menjaga solidaritas antara TNI dan Polri dengan Pemprov Sulbar,” urai Aladin S. Mengga.

Sesuai pantauan laman transtipo.com di sekitar tempat syukuran, sejumlah pedagang kaki lima menjajakan jualan mereka. Seusai upacara, puluhan tentara belanja makanan milik pedagang kaki lima itu. Bahkan, para tentara menyilahkan—secara gratis tentunya—kepada warga yang datang menonton untuk menikmati jualan pedagang itu.

Pemandangan tak lazim terjadi ketika Kapolda Sulbar Brigjen Pol Lukman Wahyu Harianto memasuki Anjungan Pantai Manakarra. Dengan seketika sejumlah anggota TNI menjemput Lukman Wahyu dan mengangkatnya hingga ke panggung utama.

Kemesraan, keakraban dan persahabatan antara pasukan TNI dan personil Polri tak berhenti di situ saja. Puluhan tentara dan anggota kepolisian itu melakukan goyang bersama di depan panggung yang diiringi musik dan lagu dangdut.

Di penghujung acara dalam rangkaian kegiatan HUT TNI ke-71 ini, diakhiri pertunjukan musik kreatif serta menampilkan teater oleh TNI dan Polri. Penampil teater ini dibawakan oleh pelajar yang diasuh oleh Kodim 1402/Polmas. Pertunjukan teater ini menggambarkan detik-detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia.

RISMAN SAPUTRA/ANDI ARWIN

TINGGALKAN KOMENTAR