Paserta karnaval budaya menyambut HUT Mamasa ke-16, Sabtu, 10 Maret 2018. (Foto: Frendy Christian).

TRANSTIPO.com, Mamasa – Perayaan ulang tahun Kabupaten Mamasa ke-16 di kota Mamasa, Sulawesi Barat, berlangsung meriah dan semarak.

Ribuan warga dari 17 kecamatan, termasuk aparat pemerintah kecamatan dan SKPD di Mamasa, mengikuti karnaval dengan berkeliling kota Mamasa, Sabtu kemarin, 10 Maret 2018.

Karnaval itu memamerkan aneka tradisi lokal seperti kain tenun Mamasa, musik bambu dan pakaian adat Mamasa serta pameran aneka buah yang menjadi produksi unggulan masing-masing kecamatan. Pagelaran ini menjadi tontonan ribuan warga kota di sepanjang rute yang dilalui peserta karnaval.

Karnaval tahun ini berbeda dengan karnaval budaya sebelumnya. HUT Mamasa tahun ini, selain menampilkan karnaval budaya juga mengangkat pameran hasil bumi dari tiap-tiap kecamatan.

Salah satu peserta karnaval, Dian, menuturkan jika dirinya sangat senang bisa mengikuti karnaval budaya yang dilaksanakan Pemerintah Kabupaten Mamasa.

Hal yang sama juga diutarakan Dody. Ia berharap agar masyarakat Mamasa tetap mempertahankan budayanya dan terus mengembangkan produk–produk unggulan yang ada di setiap kecamatan sebagai upaya peningkatan kemajuan perekonomian masyarakat Mamasa.

Sementara, Plt. Bupati Mamasa Bonggalangi mengatakan, karnaval budaya dan pameran produk unggulan dari 17 kecamatan yang dilaksanakan untuk memerihkan HUT Mamasa yang ke-16, adalah upaya mendorong peningkatan perekonomian masyarakat Mamasa, sekaligus pengembangan budaya Mamasa, di mana Kabupaten Mamasa sudah dinobatkan sebagai destinasi wisata di Provinsi Sulawesi Barat.

FRENDY CHRISTIAN

TINGGALKAN KOMENTAR