Penandatanganan prasasti sekaligus peresmian Mako Polda Sulbar oleh Jenderal Pol. Prof. Tito Karnavian di pelataran Mako Polda Sulbar, Kalubibing, Mamuju, Sulbar, pada Kamis, 4 Oktober 2018. (Foto: Dinas Kominfo Sulbar)

TRANSTIPO.com, Mamuju – Markas Komando Kepolisian Daerah (Mako Polda) Sulawesi Barat yang terletak di Jalan Aiptu Norman Nomor 1 Kalubibing, Mamuju, diresmikan oleh Kepala Kepolisian RI (Kapolri) Jenderal Pol. Prof. Tito Karnavian pada Kamis, 4 Oktober 2018.

Jenderal Pol. Tito Karnavian mengatakan, sangat mengapresiasi dan mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Provinsi Sulawesi Barat (Pemprov Sulbar) dan pemerintah kabupaten se-Sulbar serta semua pihak yang telah mendukung pembangunan Mako Polda Sulbar.

“Saya ucapkan terima kasih kepada semua pihak karena telah membantu sehinga gedung ini dapat selesai meskipun belum tuntas seluruhnya,” ucap Tito Karnavian.

Selain itu, Tito juga menyampaikan apresiasinya kepada Gubernur Sulbar periode 2006-2016 Anwar Adnan Saleh atas  kerja kerasnya dalam upaya pembentukan Polda saat itu, sehingga pembangunan gedungnya pun dapat terlaksana.

“Terima kasih pak Anwar, saya paham betul beliau berjuang keras di Jakarta, datang ke tempat saya ditambah lagi Wakapolrinya saat itu orang di sini, maka jadilah barang itu,” aku Tito.

Ia mengemukakan, pembangunan Polda merupakan konsekuensi dari pembentukan provinsi baru, dimana hal itu dapat mempermudah pemerintah daerah dalam melakukan koordinasi dan kerjasama dengan Forum Pimpinan Daerah (Forkopimda) yang ada di daerah lain dalam rangka mempercepat pembangunan.

Jenderal Tito berharap dengan adanya gedung Polda tersebut, jajaran Polda harus mampu memberikan pelayanan yang terbaik berupa jaminan keamanan dan ketertiban terhadap masyarakat, sehingga Sulbar aman dan terhindar dari konflik.

Kapolri Jenderal Pol. Tito Karnavian, Mamuju, Sulbar, Kamis, 4 Oktober 2018. (Foto: Dinas Kominfo Sulbar)

“Saya berharap Polda Sulbar tidak hanya memiliki gedung yang bagus, namun yang utama adalah memberikan layanan yang terbaik kepada masyarakat. Kalau di sini aman, konflik rendah, maka tugas gubernur dan para bupati bisa lancar dan investor pun berani masuk, sehingga pembangunan dapat dilakukan dengan cepat,” sebut Tito.

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB) Syafruddin Kambo yang juga Wakil Ketua Umum Dewan Masjid Indonesia (DMI) siap mendukung pembangunan Masjid Mako Polda Sulbar yang saat ini sementara dalam pembangunan.

“Nanti Masjidnya kita bantu bangun, kita akan cari wakaf dan orang-orang dermawan melalui dewan masjid,” kata Syafruddin Kambo yang juga merupakan mantan Wakapolri.

Gubernur Sulbar Ali Baal Masdar mengemukakan, sejak terbentuknya Polda Sulbar 1 Juni 2016 hingga sekarang, telah banyak memberikan kontribusi di Sulbar, khususnya dalam pemeliharaan keamanan dan ketertiban, menegakkan hukum, memberikan perlindungan, pengayom dan pelayanan kepada masyarakat, seperti keberhasilan pelaksanaan pemilihan Gubernur Sulbar 2017 dan pilkada serentak 2018 di dua kabupaten yaitu Mamasa dan Polewali Mandar. Semua berjalan lancar dan demokratis.

“Itu semua tidak terlepas dari peran fungsi Polri, khususnya jajaran Polda Sulbar ini,” ungkap Ali Baal Masdar.

Terkait bencana gempa bumi dan tsunami yang melanda Palu, Donggala dan Sigi di Sulawesi Tengah, pada kesempatan itu Ali Baal Masdar menyampaikan turut berduka dan mengajak semua pihak untuk mendoakan semua korban, baik yang selamat maupun yang meninggal dunia.

Sebelumnya, Kapolda Sulbar Brigjen Pol. Baharuddin Djafar mengatakan, lokasi pembangunan Mako Polda Sulbar tersebut merupakan tanah hibah dari Gubernur Sulbar periode sebelumnya.

Ki-Ka: Foto bersama seusai peresmian Mako Polda Sulbar yakni, Raja Mamuju Haji Andi Maksun Dai, Kapolri Jenderal Pol. Prof. Tito Karnavian, MenPAN-RB Syafruddin, Raja Balanipa Bau Arifin, Gubernur Sulbar Ali Baal Masdar, dan Kapolda Sulbar Brigjen Pol. Baharuddin Djafar di pelataran Mako Polda Sulbar, Kalubibing, Mamuju, Sulbar, pada Kamis, 4 Oktober 2018. (Foto: Dinas Kominfo Sulbar)

Baharuddin menyampaikan, keberhasilan pembangunan Mako Polda itu berkat kerjasama dengan gubernur dan para bupati se-Sulbar, khususnya Bupati Mamuju yang setiap saat siap membatu menyediakan sarana dan prasarana.

“Terimah kasih, ini semua berkat kerjasama semua unsur. Saya berharap agar Polda Sulbar ini mampu tampil sebagai polisi yang profesional, modern dan terpercaya,” kata Baharuddin Djafar.

Di sela-sela acara peresmian Mako Polda, Kapolri Jenderal Pol. Prof. Tito Karnavian dan MenPAN-RB Syafruddin menerima penghargaan dari Raja Mamuju Andi Maksum Dai berupa keris.

Adapun keris tersebut yang diberikan kepada Kapolri sebagai simbol bahwa rakyat Sulbar mendukung Polri. Sedangkan keris yang diberikan kepada Menpan-RB sebagai simbol kebanggaan rakyat Sulbar kepada seorang putra terbaik Sulbar yang telah melaksanakan tugas dengan baik di pusat.

Usai acara peresmian Kapolri Kapolri Jenderal Pol. Prof. Tito Karnavian, MenPAN-RB Syafruddin, Gubernur Sulbar Ali Baal Masdar, Kapolda Sulbar Brigjen Pol. Baharuddin Djafar dan para bupati se-Sulbar serta Forkopimda melakukan peninjauan ruangan Mako Polda Sulbar.

Turut hadir pada acara itu, Wakil Gubernur Sulbar Enny Anggraeni Anwar, Ketua DPRD Sulbar Amalia Fitri Aras, Ketua Umum Bhayangkari Try Tito Karnavian, Ketua Bhayangkari Sulbar Asyiah Baharuddin, Gubernur Sulbar periode 2006-2016 Anwar Adnan Saleh, Raja Balanipa Bau Arifin, para Pejabat Utama Mabes Polri, para Pejabat Utama Polda Sulbar, para dewan pakar Sulbar, tokoh agama, tokoh adat, tokoh pemuda, tokoh perempuan dan undangan lainnya. Advertorial

DINAS KOMINFO SULBAR

TINGGALKAN KOMENTAR