Kepala Bappeda Sulbar Junda Maulana. (Foto: Arisman)

TRANSTIPO.com, Mamuju – Kepala Badan Pengembangan Pembangunan Daerah (Bappeda) Provinsi Sulawesi Barat, Junda Maulana mengatakan kita Indeks pembangunan manusia (IPM) Sulawesi Barat, secara secara kumulatif masih di bawah nasional, dan Sulbar berada di peringkat ke-31 secara nasional.

Hal ini disampaikan Junda maulana kepada sejumlah wartawan saat ditemui di ruang kerjanya, Senin, 8 April 2019.

“IPM kita memang secara kumulatif kita itu masih jauh di bawah nasional, bahkan kita berada pada peringkat ke-31 secara nasional,” kata Junda.

Junda juga mengatakan, namun yang perlu digaris bawahi ialah bahwa pertumbuhan di bidang IPM, itu pertumbuhannya terbesar ketiga yang sekitar tumbuh 1,2 persen pertahun dan secara nasional tumbuh  0,9 persen artinya IPM kita di Sulbar memang startingnya yang rendah.

“Jika kita melihat data bahwa kita star di tahun 2011 di angka 60 persen, sedangkan  nasional saat itu sudah 65 persen. Lalu kemudian seiring pertumbuhan nasional, Sulbar juga tumbuh dari 60 persen menjadi 64 persen sampai saat ini, artinya itu menggambarkan bahwa kinerja pembangunan di Sulbar itu berjalan,” kata Junda.

Junda juga mengungkapkan jika target pengembangan IPM di Sulbar tahun 2019 sebesar 66 persen dan dianggaran 2020 kita tarketkan 68 persen.

“Di anggaran 2019 ini, kita berharap IPM kita mencapai pada 66 persen dan kalau  itu tercapai kita optimistis di tahun berikutnya bisa sampai di 68 persen serta di tahun 2020 pula kita masih menargetkan sebesar 70 persen sama dengan nasional saat ini,” jelas Junda Maulana.

ARISMAN

TINGGALKAN KOMENTAR